kubetno1.net

Dear Kaum Rebahan, Eks Pramugari Bilang Tidur Siang Akan Atasi Jet Lag

Ilustrasi Penumpang Pesawat
Ilustrasi penumpang pesawat (iStock)

Jakarta -

Liburan ke negara lain seringkali membuat penumpang jet lag. Tapi tenang, ada obatnya, yaitu tidur siang!

Dilansir dari Express UK pada Jumat (15/12/2023), Jane Hawkes adalah pakar layanan konsumen dan mantan pramugari. Memiliki pengalaman panjang mengudara, Jane seringkali mengalami jet lag.

Namun seiring berjalannya waktu, ia mulai memahami cara bertahan di bidang ini. Ia mempunyai kiat-kiat khusus untuk mengurangi dampak jet lag saat penerbangan jarak jauh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Langkah pertama yang harus disiapkan penumpang dimulai dari tempat duduk. Dalam penerbangan jarak jauh, penumpang diminta untuk memilih kursi di bagian depan.

"Bagian belakang pesawat bisa lebih berisik seperti halnya tempat duduk di area dapur. Penumpang mungkin akan mengalami banyak kebisingan karena orang-orang akan berdiri di sekitar area tersebut selama penerbangan," kata dia.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya, penumpang diminta untuk mengkonsumsi makanan ringan, mengenakan pakaian yang nyaman dan menggunakan penutup telinga.

"Hindari membuat perjalanan penuh petualangan di hari kedatangan. Datang ke tempat baru bisa sangat menegangkan dan lebih mudah dilakukan saat jet lag," kata dia.

Teruntuk kaum rebahan yang sedang traveling, Janes menyarankan untuk tidur siang singkat.

"Tidur siang singkat jika perlu, tetapi hindari tidur siang lebih dari 30 menit karena dapat membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak di kemudian hari dan akan menunda proses penyesuaian," tambahnya.

Jika terdapat perbedaan waktu yang signifikan, penting untuk mencoba menyesuaikan jam tubuh anda dengan zona waktu yang baru. Tidur siang dapat menunda proses ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan tidur. Traveler yang tidak bisa menikmati tidur panjang di dalam pesawat diharapkan naik pesawat pada pagi hari.

"Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak di pesawat, hindari penerbangan semalaman. Pilihlah hari pertama yang tiba di malam hari, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk tidur," ujar dia.



Simak Video "Mengintip Persiapan Kru Pesawat Sebelum Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat