kubetno1.net

4 Tips Biar Traveler Tidak Salah Pilih Hotel di Bali

Ilustrasi kamar hotel
Foto: Ilustrasi hotel (Getty Images/iStockphoto/Boyloso)

Jakarta -

Dengan reputasi sebagai 'surga' wisata, Bali akan terus menarik wisatawan dari penjuru dunia. Sebelum liburan ke Bali, ada baiknya traveler simak 4 tips ini:

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia diproyeksikan mencapai pendapatan sebesar US$5,03 miliar di pasar perhotelan pada tahun 2024.

Selain itu, tingkat pertumbuhan tahunan diperkirakan sebesar 3,71% antara tahun 2024 dan 2028, menghasilkan proyeksi volume pasar sebesar US$5,82 miliar pada tahun 2028.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ini berarti, perhotelan masih menjadi sektor yang cukup 'seksi' bagi para pebisnis di industri ini. Apalagi jelang libur sekolah, sejumlah hotel di Indonesia diperkirakan bakal mengalami lonjakan pelanggan.

Serpil Guney, General Manager Umana Bali meyakini potensi industri perhotelan di Indonesia masih bisa dimaksimalkan lagi.

ADVERTISEMENT

"Saya melihat potensi yang luar biasa dalam industri perhotelan di Indonesia. Kekayaan warisan budaya, keanekaragaman alam, dan keramahtamahan masyarakat yang hangat menjadikan negara ini tujuan wisata yang menarik. Pertumbuhan kelas menengah dan peningkatan disposable income berpotensi memperkuat market domestik wisata di Indonesia," ucap Serpil, Senin (10/6/2024).

Namun, isu yang berkembang sekarang, ada banyak hotel yang dibangun menerabas aturan dan tanpa memperhatikan aspek lingkungan. Agar tidak salah pilih, traveler perlu mengingat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih hotel dari Serpil:

1. Pilih Hotel yang Sesuai dengan Kebutuhan Perjalanan

Bila Anda seorang solo traveler atau berlibur bersama keluarga, carilah hotel yang dapat mengakomodasi kebutuhan Anda dan rekan perjalanan Anda.

Perhatikan fasilitas dan layanan yang disediakan oleh hotel, seperti fitur kamar, pilihan tempat makan, fasilitas rekreasi, serta layanan tambahan seperti perawatan spa dan aktivitas wellness. Faktor-faktor itu akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan kepuasan selama menginap di pulau Dewata.

2. Loyalty Program

Selain mempertimbangkan lokasi dan fasilitas, traveler juga bisa menginap di hotel yang memiliki program loyalitas. Program-program ini tidak hanya menawarkan keuntungan dan penghargaan eksklusif, tetapi juga menumbuhkan keterikatan dan kepemilikan terhadap brand.

Dengan mengikuti loyalty program, traveler dapat memperoleh banyak manfaat, mulai dari complimentary upgrade dan sarapan gratis, late check-out, hingga mendapatkan tarif kamar yang lebih menguntungkan.

3. Pelajari Karakter Hotel

Memahami keunggulan utama sebuah hotel dapat menjadi nilai tambah dalam menentukan hotel mana yang akan dipilih selama liburan di pulau Dewata. Ada hotel yang sangat menarik untuk rekreasi, ada juga yang cocok untuk bisnis.

Traveler tinggal pilih mana yang karakternya lebih cocok, sehingga kalian bisa mendapatkan banyak pengalaman tentang beragam budaya dan praktik di dunia perhotelan.

4. Pilih Hotel yang Peduli Lingkungan

Maraknya tren ecotourism dan sustainable travel yang sejalan dengan komitmen Indonesia untuk melestarikan lingkungan, maka traveler bisa memilih hotel yang peduli terhadap lingkungan dan tidak malah merusaknya.

"Kami menerjemahkan filosofi lokal Bali Tri Hita Karana, hubungan harmonis dengan alam, sesama, dan ketuhanan sebagai landasan dalam setiap aspek pelayanan. Setiap tamu yang menginap akan merasakan Bali dengan sentuhan modern," tutup Serpil.



Simak Video "Menikmati Staycation, Bersantai dengan Floaties di Kolam Renang Hotel, Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat