kubetno1.net

Tips dan Trik Cara Booking Hotel Murah, Pencinta Travel Wajib Tahu!

Young happy family asian father mother and daughter taking selfie photo exciting preparing luggage suitcase booking online ticket and hotel for vacation holiday travel trip
Ilustrasi liburan keluarga (Danai Jetawattana/Getty Images)

Daftar Isi
  • Cara Booking Hotel Murah
  • 1. Bandingkan Harga di Beberapa Situs 2. Gunakan Paket Liburan 3. Bandingkan Metode Pembayaran 4. Pilih Lokasi Hotel yang Tepat 5. Pilih Waktu yang Tepat Saat Memesan Hotel 6. Pesan Hotel dengan Mode Incognito 7. Cari Hotel Tanpa Denda Pembatalan 8. Registrasi Email 9. Cari Promo Hotel Baru 10. Jadi Anggota Loyalty Program
Jakarta -

Booking hotel adalah salah satu pengeluaran yang nyaris tak bisa dihindari saat bepergian. Simak cara booking hotel murah di artikel berikut.

Saat detikers bepergian ke kota atau negara lain, memesan kamar hotel adalah salah satu pengeluaran yang hampir tidak bisa dihindari. Mungkin detikers pernah merasa kesulitan mencari hotel dengan harga murah, apalagi karena harga hotel bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Mengutip QloApps, ada berbagai hal yang mempengaruhi harga hotel, seperti lokasi, tipe kamar, bahkan harga kamar hotel di sekitar yang menjadi kompetitor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cara Booking Hotel Murah

detikers perlu memperhatikan beberapa faktor saat memilih kamar hotel. Berikut beberapa cara yang bisa detikers lakukan untuk menemukan hotel dengan harga yang murah.

1. Bandingkan Harga di Beberapa Situs

Mengutip Nerdwallet, cara kita memesan kamar hotel dapat berpengaruh besar terhadap harga hotel yang didapatkan.

ADVERTISEMENT

detikers bisa memulai mencari kamar hotel melalui situs-situs booking travel dan membandingkan harga yang ditawarkan jika memesan kamar hotel melalui situs-situs tersebut. Lalu, cari tahu kode promo dan fasilitas yang ditawarkan hotel-hotel tersebut.

Selain itu, jangan lupa mengecek situs resmi hotel yang ingin ditinggali. Beberapa hotel mungkin menawarkan promo yang lebih besar jika detikers memesan melalui situs resmi mereka.

2. Gunakan Paket Liburan

Mengutip trip.com, terkadang detikers bisa mendapatkan harga lebih murah jika memesan tiket hotel dan pesawat sekaligus. Tetapi, jangan lupa membandingkan dengan harga hotel dan tiket pesawat jika dipesan secara terpisah.

3. Bandingkan Metode Pembayaran

Pemesanan hotel, baik melalui situs travel maupun melalui situs hotel resmi, bisa dilakukan dengan berbagai metode pembayaran. Terkadang, situs travel atau hotel menawarkan harga murah jika membayar dengan kartu debit atau kredit tertentu.

Jadi, sebaiknya detikers mengecek promo-promo yang sedang berlangsung dan membaca syarat dan ketentuannya.

4. Pilih Lokasi Hotel yang Tepat

Lokasi hotel sangat berpengaruh terhadap harga hotel tersebut. Hotel yang terletak dekat tempat wisata atau fasilitas umum seperti bandara umumnya memasang harga yang lebih tinggi.

detikers bisa mempertimbangkan memilih hotel yang tidak begitu dekat dengan tempat wisata tujuan, tetapi memiliki akses transportasi umum yang memadai.

5. Pilih Waktu yang Tepat Saat Memesan Hotel

Mengutip USA Today, jika memungkinkan, cobalah memesan hotel di tanggal yang sama dengan tanggal check in. Di atas jam 16.00, kemungkinan orang memesan kamar hotel lebih kecil, sehingga hotel cenderung menurunkan harga kamar.

Tetapi, trik ini tidak bisa digunakan setiap waktu. Jika detikers memesan hotel di daerah yang penuh turis, kebanyakan hotel sudah dipesan terlebih dahulu.

6. Pesan Hotel dengan Mode Incognito

Jika memesan hotel secara online, sebaiknya gunakan mode incognito pada browser. Sebab, beberapa situs travel melacak pencarian detikers dan akan menaikkan harga hotel jika detikers mengunjungi situs mereka lagi.

Tak hanya situs travel, situs belanja online juga bisa menggunakan cara ini. Oleh karena itu, ketika mencari dan memesan hotel, sebaiknya masuklah ke mode incognito agar pencarian detikers tidak dilacak.

7. Cari Hotel Tanpa Denda Pembatalan

Tips yang satu ini dikutip dari Money Saving Expert. Jika detikers memesan kamar hotel dari jauh-jauh hari, cobalah mencari hotel yang tidak memberikan denda jika detikers membatalkan reservasi.

Tentu saja ini akan sangat membantu jika detikers terpaksa membatalkan pesanan hotel karena rencana perjalanan yang mendadak berubah. Namun, memesan hotel yang tidak mengenakan denda pembatalan juga bisa membantu detikers menghemat biaya hotel jika harga kamar turun di kemudian hari.

Caranya, setelah detikers memesan kamar hotel, tetaplah memantau harga hotel. Jika harga hotel turun, detikers bisa membatalkan reservasi kamar dan memesan lagi dengan harga yang lebih murah.

8. Registrasi Email

Terkadang situs travel dan hotel mengumumkan diskon dan promo melalui pemberitahuan email. Selain itu, beberapa situs travel juga memberikan diskon untuk akun pengguna yang teregistrasi.

9. Cari Promo Hotel Baru

Hotel yang baru buka cenderung menyediakan diskon untuk menarik perhatian pelanggan. Cobalah mencari tahu hotel yang baru buka di daerah tujuan, lalu cek situs resmi atau akun media sosialnya untuk mengecek promo yang tersedia.

10. Jadi Anggota Loyalty Program

Menjadi anggota loyalty program bisa menjadi pertimbangan. Anggota loyalty program akan mendapatkan poin jika bermalam di hotel yang merupakan properti milik program tersebut.

Poin yang terkumpul bisa digunakan untuk membayar sebagian atau bahkan seluruh biaya kamar. Selain itu, anggota loyalty program juga cenderung mendapatkan diskon khusus.

Itu dia beberapa cara memesan hotel sehingga mendapatkan harga yang murah. Semoga artikel ini membantu detikers yang sering bepergian.



Simak Video "Protes Ribuan Warga Atas Proyek Bangun Hotel di Canary Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat