kubetno1.net

Perhatian! Ini 6 Tips Traveling Aman dari Copet

Seorang perempuan di copt
Foto: Ilustrasi copet (Edi Wahyono/)

Jakarta -

Beberapa waktu lalu viral WNI yang mengamuk ke pencopet di Italia. Belajar dari kasus tersebut, traveler harus berhati-hati dan mempersiapkan langkah-langkah supaya aman liburan ke luar negeri.

telah merangkum, Selasa (4/6/2024) sejumlah tips traveling yang aman dan terhindar dari kejahatan copet ataupun maling.

1. Pakai tas tertutup

Di era sosial media, tentu kita ingin membagikan foto-foto yang ciamik dengan ragam aksesoris, salah satunya tas. Namun traveler tetap harus memikirkan keamanan dalam perjalanan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pakailah tas yang tertutup alias memiliki resleting. Sehingga copet tidak bisa mengintip barang berharga yang kamu bawa.

2. Hindari tas yang transparan

Lanjutan dari tas tertutup, traveler jangan membawa barang berharga dalam tas yang bening atau transparan. Benar, tas transparan sangat lucu, namun untuk keamanan sangat tidak disarankan dipakai di keramaian.

ADVERTISEMENT

Jangan sampai orang lain bisa lihat betapa banyaknya barang bawaan kamu. Hingga copet menjadikan kamu sasaran dan mencari cara supaya bisa merampas barangmu dengan mudah.

3. Siapkan fotokopi dokumen penting

Perlu menyiapkan kopian dari dokumen penting seperti paspor dan KTP, jika amit-amit nanti kena copet di luar negeri. Setidaknya kamu masih punya 'cadangan' untuk mengurus kehilangan atau laporan.

4. Bergaya bak warga lokal

Jangan berpenampilan mencolok. Traveler bisa cari tahu, bagaimana cara warga lokal berpakaian sebelum datang ke destinasi. Serta jangan kenakan perhiasan yang berlebihan saat traveling.

5. Jangan keluarkan ponsel di tempat ramai

Sah-sah saja mengeluarkan ponsel untuk berfoto. Namun, traveler jangan terlalu sering keluar-masukkan ponsel ke tas. Karena mudah sekali bagi copet untuk menikung saat mau dimasukkan ke dalam tas lho.

Kita tidak pernah mengira bagaimana cepatnya tangan copet dalam bergerak mengambil barang kita.

6. Jangan lengah dan selalu waspadai semua orang tanpa peduli genre atau umur

Jangan mudah teralihkan ya traveler, karena copet biasanya bergerak dalam komplotan. Mereka memiliki banyak skenario untuk mengalihkan perhatian targetnya lho. Entah mulai dari pura-pura terjatuh, menanyakan arah hingga bertengkar di keramaian.

Tetap fokus di jalan dan perhatikan dengan pergerakan sekitar. Jangan mudah terkecoh dengan wanita atau anak-anak, karena bisa jadi mereka komplotan pencopet.



Simak Video "Nagita Slavina Bagikan Tips untuk Perempuan agar Tidak Insecure"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat