kubetno1.net

Ini 6 Tips Menginap di Hotel Agar Tetap Aman dan Nyaman

ilustrasi kamar hotel
Ilustrasi kamar hotel. Foto: Thinkstock

Daftar Isi
  • Tips saat Menginap di Hotel agar Aman dan Nyaman
  • 1. Gunakan Gerendel untuk Mengunci Pintu Kamar 2. Pasang Papan 'Jangan Ganggu' di Gagang Pintu 3. Tamu Bisa Meminta Namanya Dirahasiakan 4. Selalu Ingat Nomor Kamar yang Ditempati 5. Tetap Waspada dengan Sekitarnya 6. Parkir Kendaraan di Tempat yang Aman
Jakarta -

Hotel menjadi pilihan terbaik bagi travelers yang menghabiskan waktu untuk berlibur atau kunjungan kerja ke suatu tempat. Sebab, detikers akan dibantu oleh para staf yang ramah selama menginap di hotel.

Agar tetap merasa aman dan nyaman ketika menginap, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh detikers. Sebab, hotel juga tak luput dari tindakan kejahatan yang dapat mengganggu kenyamanan para tamu.

Lantas, apa saja tips saat menginap di kamar hotel? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tips saat Menginap di Hotel agar Aman dan Nyaman

Mengutip situs Business Insider, seorang pegawai staf hotel yang telah bekerja lebih dari tujuh tahun memberikan tips aman dan nyaman ketika menginap di hotel. Biar nggak penasaran, simak sejumlah tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan Gerendel untuk Mengunci Pintu Kamar

Hampir semua kamar hotel saat ini telah dilengkapi kunci pengait atau gerendel. Jika ingin lebih aman dan nyaman ketika menginap, selalu gunakan kunci grendel setiap saat.

ADVERTISEMENT

Memang, pintu kamar hotel sudah dilengkapi kunci elektronik yang hanya bisa diakses menggunakan kartu khusus. Namun, tak ada salahnya untuk memakai gerendel demi meningkatkan keamanan.

2. Pasang Papan 'Jangan Ganggu' di Gagang Pintu

Setiap kamar hotel telah dilengkapi dengan papan penanda 'Please Do Not Disturb' atau 'tolong jangan diganggu'. Sayangnya, masih ada beberapa tamu yang tidak menggantungkan papan tersebut.

Padahal, seluruh staf dan karyawan hotel tidak akan mengganggu detikers sama sekali jika penanda 'do not disturb' tergantung di pintu. Jika papan telah dipasang namun masih terdengar suara berisik di luar kamar, itu berarti datang dari tamu hotel.

Kamu bisa menghubungi pihak hotel untuk memberi tahu suara berisik tersebut. Nantinya staf hotel akan menghampiri tamu yang berisik dan menyuruh mereka untuk lebih tenang dan tidak mengganggu tamu lain.

3. Tamu Bisa Meminta Namanya Dirahasiakan

Selama menginap, tamu hotel bisa meminta tolong kepada staf agar namanya dirahasiakan dan tidak disebarluaskan. Sebab, dalam sejumlah kasus ada sejumlah orang yang ingin mencari salah satu tamu hotel dengan menyebutkan namanya.

Dalam kondisi tersebut, pihak hotel berhak untuk tidak memberikan informasi apapun kepada mereka. Hal ini dilakukan demi memberikan keamanan dan kenyamanan bagi tamu yang menginap.

4. Selalu Ingat Nomor Kamar yang Ditempati

Langkah ini penting untuk membantu detikers apabila kartu atau kunci kamar hilang. Agar bisa mendapatkan kartu kamar, detikers harus lapor kepada staf di resepsionis. Untuk memastikannya, staf akan bertanya kepadamu tentang nomor kamar yang dihuni.

Jika travelers orangnya gampang lupa, cobalah catat nomor kamar di smartphone. Selain itu, sejumlah hotel menawarkan layanan nomor kamar yang disesuaikan dengan 3 atau 4 digit nomor telepon terakhir. Jadi, detikers nggak perlu takut kelupaan nomor kamar hotel.

5. Tetap Waspada dengan Sekitarnya

Hotel memang memiliki tingkat keamanan yang cukup baik, apalagi jika hotel bintang lima. Namun, sebagai tamu tak ada salahnya detikers agar selalu waspada dengan lingkungan sekitar.

Jika kamu merasa terus diikuti oleh seseorang tak dikenal, cobalah untuk tetap tenang dan sampaikan hal tersebut kepada staf. Nantinya, petugas keamanan hotel akan menginterogasi maksud dan tujuan orang yang mencurigakan tersebut.

Selain itu, ketika berjalan di lorong menuju kamar, cobalah sesekali untuk menengok ke belakang dan melihat adakah orang lain yang mengikutimu atau tidak. Terkesan sedikit menyeramkan, tapi hal ini sebagai salah satu tindakan preventif.

6. Parkir Kendaraan di Tempat yang Aman

Tak semua hotel memiliki tempat parkir yang aman. Karena keterbatasan lahan parkir, maka kendaraanmu bisa saja diparkir di tempat yang agak jauh dari lobby hotel.

Beruntung jika pihak hotel menyediakan tempat parkir yang nyaman dan diawasi selama 24 jam oleh satpam. Namun, bagaimana jika tempat parkir tersebut justru tidak aman?

Tipsnya adalah dengan memarkir kendaraan di dekat pintu masuk atau dekat lobby hotel. Selain itu, cari tempat parkir yang cukup terang di malam hari karena terdapat lampu di sekitarnya.

Oh ya, jangan pernah meninggalkan barang berharga apapun di dalam kendaraan selama menginap di hotel, meskipun hanya menginap semalam saja. Terkadang, pihak hotel tidak bertanggung jawab atas kehilangan benda berharga di tempat parkir.

Demikian enam tips saat menginap di hotel agar tetap aman dan nyaman. Semoga artikel ini dapat membantu detikers yang sering traveling.



Simak Video "Protes Ribuan Warga Atas Proyek Bangun Hotel di Canary Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat