kubetno1.net

11 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Saat Pergi ke Eropa

Ilustrasi Kereta di Eropa
Ilustrasi liburan Eropa (iStock)

Daftar Isi
  • 11 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Saat Pergi ke Eropa
  • 1. Naik taksi 2. Terlambat Membeli Tiket 3. Asal Memilih Restoran 4. Membawa Banyak Uang Tunai 5. Tidak Menghabiskan Banyak Waktu di Luar Ruangan 6. Lupa Memeriksa Paket Internet 7. Memesan Semua Roti dan Air 8. Tidak Mengklaim Pengembalian Dana atau Tax Refund 9. Mengabaikan Waktu Lokal 10. Mengabaikan Kenyamanan 11. Mengabaikan Senyum
Jakarta -

Benua Eropa menjadi surganya destinasi wisata luar negeri favorit para traveler. Benua ini menyimpan sejuta keindahan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Namun, terbang ke Eropa untuk pertama kalinya bisa menjadi kacau apabila traveler banyak melakukan kesalahan di sana. Dilansir dari Travel+Leisure, setidaknya ada 11 kesalahan umum yang sering dilakukan traveler pemula saat pergi ke Eropa. Berikut di antaranya:

11 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pemula Saat Pergi ke Eropa

1. Naik taksi

Mayoritas kota besar di Eropa memiliki transportasi umum yang bisa digunakan, bahkan sejak kamu tiba dari bandara. Ini dinilai lebih efisien guna menghindari biaya taksi yang mahal. Tentu tips ini sangat berguna bagi kamu yang ingin berhemat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

2. Terlambat Membeli Tiket

Di Eropa, mengunjungi museum atau objek wisata populer menjadi hal yang lumrah dilakukan para traveler. Namun, mengantre untuk mendapatkan tiket di menit-menit terakhir sangat tidak disarankan. Hal ini dapat membuatmu terjebak dalam antrean panjang, terlebih jika berada di Roma atau Paris.

Solusinya, kamu bisa memesan tiket jauh-jauh hari. Di kota-kota besar Eropa, tiket objek wisata populer biasanya sudah dapat dipesan beberapa hari sebelumnya.

ADVERTISEMENT

3. Asal Memilih Restoran

Upayakan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum berkunjung ke sebuah restoran di Eropa. Bila perlu, buat jadwal makan terpisah dengan reservasi ke kunjungan destinasi lokal. Gunakan situs blog lokal dan media sosial untuk menemukan restoran klasik dengan pelayanan terbaik serta harga menu yang terjangkau.

4. Membawa Banyak Uang Tunai

Para traveler disarankan untuk tidak terlalu banyak membawa uang tunai. Sebab, pencopet banyak berkeliaran, terutama di daerah yang menarik banyak turis. Namun, jangan khawatir. Di Eropa tersedia berbagai tempat yang menerima kartu kredit, namun tidak membebankan biaya transaksi luar negeri.

5. Tidak Menghabiskan Banyak Waktu di Luar Ruangan

Orang Eropa suka makan dan minum di luar ruangan. Jadi, jangan habiskan momen hanya dengan bersantai di penginapan. Kamu bisa pergi ke luar untuk berpiknik atau sekedar menikmati suasana alun-alun maupun tepi sungai.

6. Lupa Memeriksa Paket Internet

Internet menjadi kebutuhan penting bagi traveler saat berada di Eropa. Maka dari itu, jangan lupa memeriksa detail paket sebelum berangkat guna mengetahui apakah paket internetmu dapat diakses di luar negeri atau tidak.

7. Memesan Semua Roti dan Air

Beberapa restoran di Eropa tidak menyediakan roti dan air secara gratis. Sebab itu, jangan mengambil semua roti dan air di keranjang begitu duduk, karena itu dapat membengkakkan tagihan. Supaya tidak dehidrasi, kamu bisa membeli sebotol air dengan harga murah di toserba, kemudian isi ulang botol tersebut dengan air dan bawa pulang bersamamu.

8. Tidak Mengklaim Pengembalian Dana atau Tax Refund

Jika sering berbelanja di Eropa, kamu mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan pengembalian dana VAT. Proses tersebut mungkin dapat berbeda di setiap negara. Meski demikian, kamu patut mencobanya.

9. Mengabaikan Waktu Lokal

Jika kamu memiliki banyak rencana di Eropa, sebaiknya jangan mengabaikan waktu lokal supaya kamu tidak melewatkan berbagai momen penting.

10. Mengabaikan Kenyamanan

Di Eropa, kamu akan sering menjelajah suatu tempat dengan berjalan kaki. Sebab itu, penting bagi kamu untuk menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Berpakaianlah sesuai kondisi dan tempat sehingga tidak berpotensi menghambat perjalanan orang lain.

11. Mengabaikan Senyum

Selelah apapun kamu, jangan lupa untuk tersenyum. Tarik napas dalam-dalam dan mulailah menikmati perjalanan yang menyenangkan ini.

Nah, itulah 11 kesalahan umum yang sering dilakukan traveler pemula saat pergi ke Eropa. Jangan sampai melakukannya jika tidak ingin momen liburanmu menjadi kacau.



Simak Video "Uni Eropa Bicara Potensi Sanksi ke Iran Imbas Serangan ke Israel"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat