kubetno1.net

Tips Anti Jetlag dari Eks Pramugari: Jangan Minum Kopi!

Ilustrasi Pramugari
Ilustrasi pramugari (iStock)

Jakarta -

Jetlag umumnya terjadi pada penumpang yang menjalani penerbangan jarak jauh dan dengan zona waktu yang berbeda. Mantan pramugari ini membagikan tips untuk menghindarinya.

Dilansir dari Express UK pada Selasa (28/11/2023), mantan pramugari yang membeberkan saran itu adalah Jane Hawkes. Dia mengatakan penerbangan ke zona waktu yang berbeda memang cukup melelahkan.

Dalam penerbangan tersebut biasanya penumpang akan mendapat layanan makanan dan minuman. Hawkes mengatakan bahwa penumpang akan sering ditawari segelas anggur atau alkohol gratis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena sifatnya obat penenangnya, minuman beralkohol dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Namun, itu dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda secara keseluruhan dan mabuk," ujarnya.

Selain bisa mengakibatkan mabuk, minuman beralkohol juga memperparah jetlag. Hawkes menyarankan penumpang untuk tidak minum minuman beralkohol sebelum dan selama penerbangan. Selain minuman beralkohol, satu jenis minuman lain juga disarankan tidak dikonsumsi sebelum atau sepanjang penerbangan.

ADVERTISEMENT

"Sebelum penerbangan, penumpang mungkin tergoda untuk minum kopi agar tetap waspada dan terjaga. Tetapi Anda bisa berakhir dengan pikiran yang kabur," kata dia.

Ia menyarankan penumpang untuk tetap minum air putih selama penerbangan. Ini sangat penting agar tutup tetap terhidrasi setiap saat.

Biasanya, penumpang jarang minum air putih karena takut bolak-balik ke toilet. Cara terbaik mengakalinya adalah dengan memilih kursi dekat lorong.

Selain menghindari alkohol dan kopi, Hawkes meminta penumpang untuk menjaga waktu tidur. Rutinitas ini akan menjaga penumpang dari jetlag.

"Misalnya jika Anda biasanya tidur pada jam 22.00 dan terbang ke zona waktu yang lebih lambat berarti Anda tetap terjaga lebih lama. Batasi waktu tidur terlebih dahulu menjadi pukul 23.00, lalu tengah malam dan pukul 01.00," dia menegaskan.



Simak Video "Mengintip Persiapan Kru Pesawat Sebelum Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat