kubetno1.net

Rezeki Nomplok Wisatawan di Lembang: Liburan Kenyang Dapat Maksi Rendang

Wisatawan Lembang
Foto: Wisatawan di Lembang dapat nasi rendang gratis (Whisnu Pradana/detikJabar)

Bandung Barat -

Bak ketiban rezeki nomplok, wisatawan yang liburan di objek wisata The Great Asia Africa, Lembang dapat makan siang gratis berupa nasi rendang.

Momen itu terjadi saat hari terakhir libur panjang Waisak, Minggu (26/5) lalu. Rendang tersebut ternyata hasil olahan YouTuber asal Pontianak yang menetap di Cina dengan nama akun Yenny di China.

Youtuber dengan 761 ribu subscriber itu memasak rendang untuk wisatawan dari berbagai daerah di hari terakhir libur panjang Waisak. Antusias pengunjung terasa sejak proses memasak dimulai hingga masakan selesai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Senang sekali ya bisa memasak besar di sini, Asia Africa Lembang. Kebetulan ini juga pertama kali saya ke Bandung dan luar biasa antusiasnya," kata Yenny.

Tentu, proses memasak rendang itu tak sebentar. Yenny ditemani suami yang datang langsung dari negeri Tirai Bambu itu mulai memasak rendang pukul 11.00 WIB, dan baru selesai pada pukul 14.00 WIB.

ADVERTISEMENT

"Saya memasak 20 kilogram daging sapi dengan olahan menjadi rendang. Tadi mulai sekitar jam 11 siang, dan baru selesai jam 2 karena prosesnya kan memang panjang kalau rendang," kata Yenny.

Yenny menyebut rendang dipilih sebagai bahan makanan yang diolah lalu dibagikan pada wisatawan, karena makanan khas tanah minang itu merupakan makanan terenak di dunia.

"Rendang ini kan makanan terenak di dunia, dan semua orang pasti suka rendang. Rendang ini juga selain saya masak di sini, juga kan saya sering masak di Cina. Saya mengenalkan masakan tradisional Indonesia buat orang-orang di sana," kata Yenny.

Ia memang tak terlalu jago masak, namun seiring berjalannya waktu, kemampuannya semakin terasah. Masak besar menjadi salah satu caranya mengenalkan masakan Indonesia untuk orang-orang di Cina.

"Secara bumbu juga sebetulnya kan enggak terlalu jauh, di sana pakai banyak bumbu di Indonesia juga banyak rempah-rempahnya. Secara selera juga kan sebetulnya hampir mirip," kata Yenny.

20 kilogram daging sapi yang telah diolah jadi rendang akhirnya dibagi menjadi 300 porsi yang diberikan secara cuma-cuma untuk pengunjung. Mereka memuji masakan Yenny meskipun dimasak dalam waktu lebih singkat.

"Kita bagi-bagi 300 porsi rendang ini untuk wisatawan. Jadi mereka bisa makan siang cuma-cuma sambil berwisata. Kegiatan seperti ini juga sebetulnya sudah rutin dan akan terus kita adakan di momen-momen tertentu," kata Intania Setiati, Public Relation The Great Asia Africa Lembang.

Fitri (37), wisatawan asal Bogor, menyebut tak menyangka bisa bertemu dengan Yenny Di China saat berwisata ke Lembang. Apalagi ia merupakan subscriber Youtuber tersebut.

"Enggak nyangka, kebetulan saya subscriber-nya. Senang aja lihat kehidupan dia di Cina, keluarganya baik. Masakan Indonesia diterima di Cina, jadi senang banget. Tadi saya cicip, masakannya ternyata enak," kata Fitri.

-------

Artikel ini telah naik di detikJabar.



Simak Video "Airlangga Sebut Makan Siang Gratis Dibahas di APBN Setelah Pengumuman KPU"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat