kubetno1.net

Sebelum Digoda Asri Damuna ke Hotel, Youtuber Korsel Sempat ke Sukabumi

Momen Jiah saat kulineran di Sukabumi.
Foto: Jiah, Youtuber Korsel wisata kuliner di Sukabumi (dok. Istimewa)

Sukabumi -

Youtuber Korea Selatan, Jiah digoda pejabat Kemenhub Asri Damuna buat mampir ke hotelnya. Sebelum insiden viral itu, rupanya Jiah sempat berkunjung ke Sukabumi.

Jiah tengah jadi perbincangan netizen Indonesia usai videonya viral di media sosial. Video itu memperlihatkan perbincangan Jiah dengan om-om berkepala plontos yang mengajak Youtuber itu untuk mampir ke hotel tempatnya menginap di Manado.

Om-om berkepala plontos itu ternyata diketahui bernama Asri Damuna yang menjabat sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPB) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum video itu viral, ternyata Jiah sempat berkunjung ke Kota Sukabumi. Momen itu terekam dan diabadikan dalam channel Youtube-nya. Gadis ini memang suka traveling dan mencoba kuliner setempat, lalu mengabadikannya lewat video.

Video saat Jiah wisata kuliner di Sukabumi itu diunggah pada 13 Maret 2024. Jiah bersama ibunya, melakukan perjalanan dari Bandung ke Sukabumi menggunakan angkutan umum.

ADVERTISEMENT

Setibanya di Sukabumi, Jiah mencicipi tiga jenis kuliner lokal yaitu Kaybun Dimsum Sukabumi, Roti Kukus Bakar Assyifa, dan Mochi Kaswari Lampion yang jadi ikon kuliner Kota Sukabumi.

"Suasananya tenang di sini. Jalannya sangat bersih dan suasananya tenang," kata Jiah kala itu.

Saat mencoba roti kukus bakar, Jiah berkali-kali mengucapkan kata enak. Bahkan, ia mengakui jika roti bakar itu lebih enak dibandingkan honey bread di Korea.

"Di Korea ada roti seperti ini, namanya honey bread tapi ini lebih enak," ujarnya.

Tak lupa Jiah juga mencoba mochi Kaswari, makanan khas yang kerap jadi oleh-oleh dari Sukabumi.

"Kami datang ke sini untuk beli mochi. Katanya mochi terkenal di Sukabumi. Aku sudah coba mochi rasa Nutella, rasanya enak jadi aku pilih ini. Rasanya enak banget. Aku ingin bawa ke Korea, tapi tidak bisa karena tanggal kedaluwarsa terlalu pendek," kata dia.

Selain mencicipi tiga jenis makanan di atas, Jiah juga sempat berkunjung ke rumah makan Mamih Ungu dan Bubur Ayam Bunut.

Mamih Ungu merupakan rumah makan yang menyajikan nasi uduk berwarna ungu. Sedangkan bubur ayam Bunut terkenal dengan bubur legendaris di Sukabumi.

"Nasi rasa ungu itu gurih dan sangat enak. Rasanya seperti kelapa. Kentang (balado) enak sekali," ucapnya.

Perjalanan kulineran Jiah di Sukabumi ditutup dengan makan bubur ayam bunut. Jiah dan ibunya pun pergi meninggalkan Sukabumi dengan menggunakan kereta api.

Jiah diketahui pertama kali menyambangi Indonesia setelah pandemi Covid-19. Dari situ dirinya menyukai Indonesia karena makanannya enak, suasananya tenang, dan orang-orangnya ramah. Saat ini, Jiah memiliki 109 ribu subscriber, dengan jumlah total 8.222.879 penonton.

Setelah viral digoda Asri Damuna ke hotel, kini banyak netizen Indonesia yang memperingatkan Jiah untuk lebih hati-hati, dan jangan mau disentuh atau meladeni laki-laki yang berperilaku aneh.

Sedangkan Asri Damunia kini tengah menjalani pemeriksaan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Ia juga telah dicopot dari jabatannya, guna memudahkan penyelidikan.

------

Artikel ini telah naik di detikJabar.



Simak Video "Heboh 'Om Albert' Pejabat Bandara Kolaka Ajak Youtuber Korsel ke Hotel"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat