kubetno1.net

Terpopuler: Bobroknya Boeing yang Pernah Rendahkan Lion Air dan Indonesia

The first KC-46A Pegasus lands on the flightline of the 97th Air Mobility Wing at Altus Air Force Base in Oklahoma on Feb. 8, 2019. (U.S. Air Force)
Foto: Ilustrasi Boeing (U.S. Air Force)

Jakarta -

Boeing terancam hukuman pidana karena bobroknya sistem perusahaan yang berakibat fatal. Mari ingat lagi Boeing yang pernah rendahkan maskapai Indonesia.

Semua itu bermula pada kecelakaan fatal Lion Air JT-610 dan Ethiopia Airlines. Keduanya menyebabkan ratusan orang tewas.

Dalam catatan , kebobrokan Boeing itu diungkap dalam sebuah film dokumenter berjudul Downfall: The Case Against Boeing. Film itu adalah kritik habis-habisan buat pabrikan ternama AS itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alur Film Dokumenter

Di awal cerita, sutradara menceritakan tentang kenyamanan naik pesawat. Perlu diketahui bahwa transportasi ini adalah yang paling jarang mengalami kecelakaan.

Ada puluhan ribu penerbangan di seluruh dunia di tiap harinya. Dan Boeing begitu perkasa di bisnis ini hingga petaka melanda, yakni kecelakaan Lion Air.

ADVERTISEMENT

Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di lepas pantai Karawang, Jawa Barat. Kejadian 29 Oktober 2018 pagi itu membuat gempar Indonesia dan juga dunia.

Dalam investigasi yang begitu lama, pabrikan menyangkal akan adanya masalah di pesawatnya. Boeing 737 Max 8 dinyatakan laik terbang hingga terjadi kecelakaan kedua pesawat Ethiopian Airlines yang menyebabkan ratusan penumpang tewas.

Dua kecelakaan baik di Indonesia dan Ethiopia sama. Maskapai menggunakan Boeing 737 Max 8 dan saat kejadian cuaca sedang cerah. Hingga terkuaknya penyebab, aneka pendapat menyalahkan Lion Air hingga regulator di Indonesia dan tak ada yang menyalahkan pesawat.

Boeing Malah Salahkan Pilot Indonesia

Setelah black box ditemukan, terungkap data adanya kegagalan pada indikator kiri sudut tukik. Sensor ini terletak pada kedua sisi pesawat yang mengukur sudut hidung pesawat selama penerbangan.

Saat terjadi malfungsi, stick shacker akan menggetarkan kolom kendalinya untuk memberi sinyal akan terjadinya stall. Namun itu peringatan palsu.

Saat itu terjadi banyak distraksi bagi pilot, karena banyaknya pengumuman yang tidak tepat, hingga hal mengerikan terjadi yakni hidung pesawat terus menukik ke bawah.

Para pilot melawan dan menaikkan pesawat, tapi kejadian itu terus berulang, hingga tak ada waktu lagi untuk naik ke udara.

Boeing malah menyatakan pilot Amerika Serikat tak akan mengalami masalah ini. Dan, awak pesawat Indonesia tidak menjalankan prosedur yang berlaku.

Faktanya, pilot Lion Air menyelesaikan latihan di AS. Hingga akhirnya Boeing merilis pernyataan bahwa pesawat Lion Air mengalami masalah aktivasi MCAS (maneuvering characteristics augmentation system).

Dijelaskan bahwa MCAS adalah perangkat lunak yang terhubung dengan sensor sudut tukik untuk mengakomodir karakteristik terbang model Max yang baru. Sistem ini bekerja di balik layar, dan tak akan diketahui pilot jika belum melalui pelatihan.

Jadi, saat sudut tukik pesawat terlalu besar di kecepatan tertentu, pesawatnya cenderung mengalami stall. MCAS didesain secara otomatis menurunkan hidung pesawat dan dalam kasus Lion Air JT-610, sudut tukiknya rusak yang tanpa sengaja mengaktifkannya berulang kali.

Boeing mengatakan kru tidak melakukan dan merespon sesuai harapan. Lalu semuanya terkejut akan fakta bahwa Boeing tak pernah memberi tahu para pilot akan adanya sistem MCAS di pesawatnya.

Itulah berita terpopuler , Kamis (16/5) kemarin. Selain itu, ada juga berita tentang anak Roy Marten yang kena tipu di Bali hingga potret 7 gedung pencakar langit di dunia.

Berikut Daftar Berita Terpopuler , Kamis (16/5/2024):

1. Mengingat Kembali Kebusukan Boeing yang Rendahkan Lion Air dan Indonesia

2. Populer: Turis Berkolor Ijo Santai Melenggang di Jalan, Warlok Murka

3. Anak Roy Marten Ditipu di Bali, Ini Sederet Faktanya

4. Lagi, Orca Tenggelamkan Kapal Pesiar di Selat Gibraltar

5. Penjelasan Dirut Garuda soal Insiden Percikan Api di Pesawat Jemaah Haji

6. Boeing Berpotensi Dituntut Pidana atas Kecelakaan 737 Max Lion Air

7. Boeing Bisa Dituntut Pidana atas Kecelakaan Lion Air, Lihat Lagi Pernyataan KNKT

8. Berani Tinju Buaya buat Selamatkan Kembaran, Wanita Ini Diganjar Medali Raja

9. Nasib 329 Orang yang Terlanjur Mendaki Gunung Slamet saat Pendakian Ditutup

10. 7 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia, Plus 1 yang Akan Jadi Juara Baru



Simak Video "Tiga Pesawat Boeing 737 MAX 9 Lion Air Dikandangkan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat