kubetno1.net

Lagi, Orca Tenggelamkan Kapal Pesiar di Selat Gibraltar

Strait of Gibraltar, political map. Also known as Straits of Gibraltar. Narrow strait, connecting the Atlantic Ocean to the Mediterranean Sea, separating the Iberian Peninsula from Morocco and Africa.
Selat Gibraltar (Foto: Getty Images/iStockphoto/PeterHermesFurian)

Jakarta -

Sejumlah orca yang tidak diketahui jumlahnya telah menenggelamkan sebuah kapal pesiar yang sedang berlayar. Kawanan orca itu menabrak kapal di perairan Maroko di Selat Gibraltar.

Mengutip CNN, Kamis (16/5/2024), dinas penyelamatan maritim Spanyol yang mengabarkannya pada Senin (13/5). Perilaku baru orca itu masuk ke dalam daftar serangan empat tahun terakhir.

Kapal Alboran Cognac, yang memiliki panjang 15 meter dan mengangkut dua orang, bertemu dengan predator puncak lautan. Dikenal pula sebagai paus pembunuh, pertemuannya pada pukul 09.00 waktu setempat pada Minggu (12/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para penumpang melaporkan bahwa mereka merasakan hantaman tiba-tiba pada lambung dan kemudi hingga membuat air merembes masuk ke dalam kapal. Setelah memberi tahu layanan penyelamatan, sebuah kapal tanker minyak terdekat membantu mereka dan mengangkut mereka ke Gibraltar.

Kapal pesiar tersebut terombang-ambing dan akhirnya tenggelam.

ADVERTISEMENT

Insiden itu merupakan contoh terbaru dari serangan paus orca di sekitar Selat Gibraltar yang memisahkan Eropa dari Afrika dan di lepas pantai Atlantik Portugal dan barat laut Spanyol.

Para ahli meyakini bahwa terdapat subpopulasi sekitar 15 individu yang diberi sebutan "Gladis".

Menurut kelompok penelitian GTOA, yang melacak populasi sub-spesies orca Iberia, telah terjadi hampir 700 interaksi sejak serangan orca terhadap kapal-kapal di wilayah tersebut. Kejadian pertama yang dilaporkan pada Mei 2020.

Para peneliti tidak yakin tentang penyebab perilaku tersebut. Teori yang paling populer adalah manifestasi rasa ingin tahu mamalia yang menyenangkan, mode sosial, atau penargetan yang disengaja terhadap apa yang mereka anggap sebagai pesaing untuk mangsa favorit, tuna sirip biru.

Meskipun dikenal sebagai paus pembunuh, orca yang terancam punah adalah bagian dari keluarga lumba-lumba. Mereka dapat berukuran hingga delapan meter dan beratnya mencapai enam ton saat dewasa.



Simak Video "Hiu Paus 'Ramah' di Gorontalo Menghilang Gegara Muncul Paus Orca"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat