kubetno1.net

6 Tips Memilih Kursi di Pesawat Agar Nyaman Selama Penerbangan

Ilustrasi kabin pesawat
Ilustrasi kursi pesawat. Foto: Getty Images/EllenMoran

Daftar Isi
  • Tips Memilih Kursi di Pesawat
  • 1. Duduk di Dekat Jendela 2. Duduk di Dekat Sayap Pesawat 3. Duduk di Paling Depan 4. Hindari Duduk di Kursi Belakang 5. Duduk di Dekat Lorong 6. Hindari Duduk Dekat Kamar Mandi
Jakarta -

Memilih tempat duduk saat naik pesawat tak semudah yang dibayangkan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar selama penerbangan tetap merasa nyaman.

Apalagi jika travelers pergi ke suatu negara yang waktu tempuhnya lebih dari 5 jam penerbangan. Kalau salah pilih tempat duduk, hal ini dapat mempengaruhi mood dan bisa membuatmu kelelahan.

Tapi jangan khawatir, sejumlah travel experts membagikan beberapa tips dalam memilih kursi di pesawat. Seperti apa tipsnya? Simak dalam artikel ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tips Memilih Kursi di Pesawat

Banyak penumpang yang ingin duduk di dekat jendela pesawat, tapi ada juga yang merasa nyaman saat duduk di dekat lorong. Sebenarnya, memilih tempat duduk di pesawat juga tergantung dari kebutuhan setiap masing-masing penumpang.

Dilansir situs Huff Post, berikut sejumlah tips memilih kursi di pesawat yang diutarakan oleh berbagai pakar perjalanan.

ADVERTISEMENT

1. Duduk di Dekat Jendela

Apabila kamu menempuh penerbangan yang lama, disarankan untuk mengambil kursi di dekat jendela. Terlebih jika kamu ingin menghabiskan waktu untuk tidur selama penerbangan, kursi yang satu ini wajib dipilih.

"Saya selalu memesan tempat duduk di dekat jendela selama penerbangan," kata Gabby Beckford, pendiri situs perjalanan Packs Light.

"Tentu, tidak ada yang menyukai kursi tengah karena alasan yang jelas. Lalu, duduk di dekat jendela memungkinkan saya untuk menghibur diri dan mendapatkan kesempatan tidur yang lebih baik," ujarnya.

Selama duduk di dekat jendela, kamu bisa menyandarkan kepala ke dinding untuk beristirahat. Selain itu, travelers tidak akan diganggu oleh teman sebaris yang ingin ke kamar mandi.

Oh ya, kursi di dekat jendela juga cocok untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan dari atas pesawat. Jangan lupa siapkan smartphone untuk merekam pemandangan indah.

"Saya akan memilih duduk di dekat jendela jika saya tahu kalau jalur penerbangannya akan menawarkan pemandangan yang indah," papar Esther Susag yang merupakan salah satu travel blogger.

2. Duduk di Dekat Sayap Pesawat

Kalau tidak mendapatkan tempat duduk di dekat jendela, usahakan untuk memilih kursi di dekat sayap pesawat. Sebab, duduk di kursi ini dapat meminimalisir goncangan akibat turbulensi.

"Sebagai seorang yang takut terbang, saya lebih memilih tempat duduk di dekat jendela yang dekat dengan sayap pesawat," kata Sean Lau yang merupakan seorang travel blogger.

"Baru-baru ini saya mengetahui bahwa titik ini (dekat sayap pesawat) biasanya paling mulus karena letaknya dekat dengan pusat gravitasi pesawat," paparnya.

3. Duduk di Paling Depan

Memilih kursi di baris paling depan juga bisa menjadi pilihan alternatif saat naik pesawat. Biasanya, orang yang duduk di baris depan tidak mau menghabiskan waktunya untuk menunggu penumpang lain yang sedang memasukkan barang ke overhead compartment.

Selain itu, duduk di baris depan juga sangat membantu penumpang yang mengejar connecting flight (transit). Jadi setelah pesawat mendarat, ia bisa segera keluar dari pesawat dan terhubung ke penerbangan lain.

"Berada di bagian depan pesawat artinya membuat saya bisa turun lebih cepat dibandingkan penumpang lain, yang mana dapat membantu saya ketika harus terhubung dengan penerbangan lain," kata Eric Rosen selaku direktur konten perjalanan di situs The Points Guy.

4. Hindari Duduk di Kursi Belakang

Saat memilih kursi di pesawat, sebisa mungkin untuk menghindari kursi di baris belakang.

"Saya menghindari beberapa baris terakhir di pesawat karena hal tersebut membuat perjalanan terasa sulit," ujar Sean Lau.

"Anda juga harus menghadapi kebisingan dari penumpang lain yang ingin menggunakan toilet. Lalu, barisan terakhir di pesawat mungkin kursinya tidak selalu dapat direbahkan," jelasnya.

5. Duduk di Dekat Lorong

Kalau travelers tipikal orang yang sering ke kamar mandi, sebaiknya pilih kursi di dekat lorong (aisle seat). Selain mudah untuk keluar dari kursi, hal tersebut juga tidak mengganggu penumpang lain yang duduk sederet denganmu.

"Untuk penerbangan jarak jauh, saya lebih memilih kursi di dekat lorong karena beberapa alasan. Pertama, lebih mudah turun dari pesawat tanpa harus menunggu beberapa orang," ujar Jessica van Dop DeJesus, seorang pendiri dan editor The Dining Traveler.

"Kedua, ini memberikan saya akses lebih mudah ke tempat sampah. Lalu yang ketiga, lebih mudah untuk bangun dan meregangkan kaki serta pergi ke kamar mandi," pungkasnya.

6. Hindari Duduk Dekat Kamar Mandi

Tips yang terakhir adalah sebisa mungkin untuk tidak memilih kursi di dekat kamar mandi (lavatory). Soalnya, ketika sabuk pengaman boleh dilepas biasanya banyak penumpang yang mulai menggunakan toilet. Hal ini akan mengganggu privasimu jika antrean cukup panjang.

"Saya kenal banyak orang yang menghindari duduk di dekat toilet karena alasan yang jelas. Lalu, orang akan cenderung berkumpul di tempat itu," kata Adam Duckworth selaku pendiri biro perjalanan Travelmention.

"Saya berusaha menghindari lokasi di dekat toilet dengan cara apapun agar saya tidak terganggu oleh kebisingan, orang berjalan di lorong, atau bau tak sedap," ujar Eric Rosen.

Oh ya, tak semua pesawat memiliki toilet di area belakang, tetapi ada juga yang berada di tengah-tengah. Jadi, cek dahulu denah tempat duduk di pesawat yang kamu naiki sebelum memilih kursi.

Itu dia enam tips memilih kursi di pesawat. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.



Simak Video "Tangis Istri Korban Pesawat Jatuh di BSD Saat Antar Pulang Jenazah dari RS"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat