kubetno1.net

Ini Waktu Terbaik Memesan Tiket Pesawat, Harganya Miring

Ilustrasi tiket pesawat
Ilustrasi tiket pesawat (Foto: Getty Images/Dacharlie)

Jakarta -

Tiket pesawat terasa begitu mahal belakangan ini. Namun, ada beberapa cara untuk mendapat harga yang lebih terjangkau, yakni memesan di waktu berikut ini.

Pertama dan terpenting, maskapai penerbangan menggunakan penetapan harga dinamis, yang berarti harga tiket berfluktuasi berdasarkan permintaan real-time. Meskipun tidak ada hari tertentu yang dijamin memberikan harga terendah.

Mengutip dari Travel and Leisure, data dari laporan Air Travel Hacks 2024 Expedia menunjukkan bahwa hari Minggu cenderung menawarkan harga yang lebih murah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Penetapan harga tiket pesawat sangatlah dinamis. Biasanya hari Selasa adalah hari terbaik untuk memesan tiket, tapi setelah menganalisis jutaan pemesanan selama dua tahun terakhir, harga tiket pesawat hari Minggu ternyata 13 persen lebih murah," kata pakar perjalanan Expedia, Christie Hudson.

Dengan sistem penetapan harga yang dinamis, tidak ada waktu spesifik dalam sehari yang ideal untuk memesan tiket penerbangan.

ADVERTISEMENT

Namun, mengatur peringatan harga untuk penerbangan yang diinginkan adalah cara cerdas untuk mendapatkan informasi tentang penurunan harga secara real-time.

Tips untuk penerbangan terjangkau:

- Pesan lebih awal, idealnya pesan tiket internasional 60 hari sebelumnya dan domestik 28 hari sebelumnya untuk mendapatkan penghematan terbaik.

- Pilih hari keberangkatan dengan bijak, Kamis seringkali menjadi hari termurah untuk memulai perjalanan kamu, tetapi ini bisa berubah tergantung pada musim.

- Pantau harga setelah pemesanan, jika harga turun setelah kamu memesan, kamu mungkin bisa mendapatkan kredit elektronik atau bahkan pengembalian dana asli.

Berdasarkan Summer Travel Outlook yang menganalisis pemesanan dari musim panas 2023, selama bulan-bulan musim panas, orang berangkat pada hari Senin untuk penerbangan internasional dan Selasa untuk penerbangan domestik.

Jadi, jika kamu ingin menghemat uang pada tiket pesawat, pertimbangkan untuk memeriksa kalender harga penerbangan. Dengan melihat tanggal keberangkatan atau kepulangan yang berbeda, kamu mungkin menemukan penawaran yang lebih baik.

Meskipun menarik karena harganya yang murah, penting untuk melakukan perhitungan sebelum memilih opsi ini. "Awalnya mungkin lebih murah, tapi setelah kamu menambahkan biaya pemilihan kursi atau bagasi, penghematannya mungkin tidak terlalu signifikan," ujar Hudson.



Simak Video "Kata Kemenparekraf Terkait Iuran Dana Pariwisata dari Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat