kubetno1.net

7 Hal Terlarang Dipakai di Pesawat

Ilustrasi kabin pesawat
Kabin pesawat (Foto: Getty Images/Vajirawich Wongpuvarak)

Daftar Isi
  • Berikut daftar tujuh hal tidak boleh dipakai di pesawat ini:
  • 1. Sepatu berujung terbuka 2. Pakaian yang mencolok 3. Piyama 4. Pakaian renang 5. Pakaian satu lapis 6. Perhiasan berlebih 7. Wewangian atau parfum
Jakarta -

Melakukan penerbangan juga berarti memahami penumpang yang lain selama perjalanan berlangsung. Setidaknya ada tujuh hal terlarang dipakai saat di pesawat.

Dilansir dari Travel + Leisure, Sabtu (23/12/2023), pesan pertama dalam penerbangan panjang adalah harap tinggalkan sepatu berujung terbuka di dalam koper Anda.

Meskipun sebagian besar maskapai penerbangan tidak memiliki aturan berpakaian formal, ada beberapa panduan yang diterima secara luas tentang apa yang harus dikenakan di pesawat. Atau, lebih khusus lagi, apa yang tidak boleh dikenakan di pesawat

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alasan untuk aturan dan rekomendasi ini berkaitan dengan kebersihan, kenyamanan hingga kemudahan. Dalam kontrak aturan itu ada beberapa persyaratan yang harus diikuti atau Anda berisiko diturunkan dari penerbangan.

Berikut daftar tujuh hal tidak boleh dipakai di pesawat ini:

1. Sepatu berujung terbuka

Jika Anda menuju ke destinasi dengan cuaca hangat, mungkin Anda tergoda untuk mengenakan sandal di pesawat. Tapi Anda mungkin ingin berpikir dua kali tentang keputusan itu.

ADVERTISEMENT

"Mungkin sudah lama sekali sejak karpet dan kolong kursi itu dibersihkan," kata Bobby Laurie, seorang pakar perjalanan dan mantan pramugari. Juga selalu kenakan sepatu di kamar mandi. Jangan berpikir bahwa itu hanya air di lantai, mungkin saja cairan lain," kata pramugari.

2. Pakaian yang mencolok

Di sinilah aturan maskapai penerbangan berperan. Sebagian besar maskapai berhak menolak penumpang yang mengenakan pakaian yang tidak sopan.

Kata-kata yang digunakan memang tidak jelas, tetapi biasanya mengacu pada kata-kata kotor dalam teks atau hal-hal cabul secara umum.

Jika maskapai menganggap pakaian Anda menyinggung, Anda mungkin akan diminta untuk menggantinya. Dan jika menolak, Anda dapat diturunkan dari pesawat.

3. Piyama

Kita semua ingin merasa nyaman dalam penerbangan. Tapi karena Anda harus berada di tempat umum, sebaiknya jangan mengenakan piyama ke bandara dan masuk ke dalam pesawat.

"Sebagai gantinya, kenakanlah celana yang longgar dan nyaman dengan karet gelang sebagai penahan," kata Susan Fogwell, mantan pramugari yang berpengalaman selama 22 tahun.

Satu pengecualian, yakni jika terbang di kelas bisnis dan Anda diberi piyama untuk penerbangan. Maka piyama tersebut boleh dipakai di pesawat dan ganti saja sebelum mendarat.

4. Pakaian renang

Hawaiian Airlines adalah salah satu dari sedikit maskapai yang mempublikasikan aturan berpakaian, dan secara khusus melarang pakaian renang.

5. Pakaian satu lapis

Anda tidak akan pernah tahu berapa suhu di dalam pesawat. Sebaiknya persiapkan diri untuk semua skenario.

Mengenakan satu lapis pakaian, baik itu tank top atau sweater tebal, bukanlah ide yang baik.

"Kenakan pakaian berlapis-lapis agar Anda siap jika cuaca dingin, dan lepaskan pakaian berlapis-lapis jika cuaca panas," kata Laurie.

6. Perhiasan berlebih

Simpanlah perhiasan Anda yang berukuran besar di dalam tas jinjing saat bepergian. Anda mungkin harus melepasnya saat melewati keamanan bandara, tentu lebih merepotkan.

7. Wewangian atau parfum

Bersikaplah peka kepada sesama penumpang yang sensitif terhadap wewangian tertentu. Dan, hindari memakai sesuatu yang terlalu menyengat.

Aroma menyebar jauh dan luas saat Anda berada di ruang tertutup seperti kabin pesawat. Aroma favorit Anda mungkin terlalu menyengat bagi orang lain.



Simak Video "Pesawat Kargo Militer Rusia Jatuh Sesaat Setelah Lepas Landas"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat