kubetno1.net

Raffi Ahmad Tarik Diri dari Proyek Beach Club Gunungkidul, Warganet Beri Pujian

Raffi Ahmad akan bangun vila dan beach club di Pantai Krakal, Gunungkidul, Yogyakarta
Raffi Ahmad (Instagram raffinagita1717)

Jakarta -

Raffi Ahmad menarik diri dari proyek pembangunan beach club di Gunungkidul, Yogyakarta. Keputusannya dipuji warganet.

Video itu diunggah pada Selasa (11/6/2024. Raffi menyampaikan pernyataan mundur dari proyek itu saat berada di Makkah.

"Pada momen ini saya ingin menyampaikan pernyataan terkait berita yang sedang ramai dibicarakan terkait proyek di Gunungkidul. Saya sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum saya juga mengerti terdapat beberapa kekhawatiran masyarakat terkait proyek ini yang belum sejalan dengan peraturan yang berlaku," kata Raffi dalam video itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pernyataan Raffi merespons penolakan pembangunan beach club komplet dengan 300 vila seluas 20 hektare. Sayangnya, proyek raksasa itu dibangun di atas kawasan konservasi alam, yakni Kawasan Bentangan Alam Karst (KBAK) Gunung Sewu.

ADVERTISEMENT

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menyebut proyek itu bakal menabrak Permen ESDM nomor 17 tahun 2012 tentang KBAK. Kawasan itu merupakan area penahan air. Andai beach club seluas itu dibangun maka berpotensi merusak alam dan merugikan warga lokal dengan potensi kekeringan dan kekurangan air.

Penolakan juga muncul lewat petisi di change.org Tolak Pembangunan Resort Raffi Ahmad di Gunungkidul! pada 21 Maret 2024.

"Kok bisa sih Bupati Gunungkidul Sunaryanta kasih izin bangun resort? Padahal kata WALHI Jogja, proyek itu belum ada Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) nya. Kalau resort itu dibangun, pastinya yang banyak dapat keuntungan adalah investor dan pengusaha. Masyarakat cuma dapat yang nggak enaknya aja," salahs atu kalimat dalam petisi itu.

Hingga Rabu (12/6) pagi, petisi itu ditandatangani oleh lebih dari 29 ribu orang.

Pengumuman Raffi direspons oleh warganet. Sebagian besar memberikan pujian atas keputusan Raffi menarik diri dari proyek itu.

"Apresiasi sekali buat Rafi, terima kasih sudah mendengarkan dan memberikan respon cepat terkait isu ini di tengah ibadah," salah satu komentar dalam postingan Raffi soal mundur dari proyek beach club di Gunungkidul itu.

"Good respon aa rafi karena menyadari ada yg salah dan menarik diri dari project tersebut. tapi dengan pernyataan menarik diri, itu artinya ada pihak pihak lain (investor) yg sebelumnya bersama raffi ahmad yang memiliki kuasa lebih besar untuk melanjutkan project tersebut," tulis yang lain.

"Mewakili Warga Gunung Kidul di Andara saya ucapakan terima kasih ... Kalau bisa bukan sekedar menarik diri dari proyek itu juga Aa tapi proyek itu di batalkan juga ya Aa," yang lain menimpali.



Simak Video "Pernyataan Raffi Ahmad soal Tarik Diri dari Proyek Beach Club Gunungkidul"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat