kubetno1.net

Replika Venesia di China Jadi Kota Hantu

Kanal di replika Venesia di Dalian, Liaoning Province, China
Kanal di replika Venesia di Dalian, Liaoning Province, China (Getty Images/gionnixxx)

Jakarta -

China memiliki replika kota-kota wisata dunia. Sayangnya, tiruan Venesia di China menjadi kota hantu kini.

Kota tiruan Venesia itu dibangun di Dalian, Provinsi Liaoning timur laut China dan dibuka untuk umum pada mulai tahun 2015. Kota itu komplet dengan kanal buatan sepanjang 4 km dengan gondola yang hilir mudik di kanal itu.

Venesia di China itu dibangun dengan anggaran sekitar 507 juta pound sterling atau sekitar 10,4 triliun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dulu kota itu dibangun dengan harapan untuk memudahkan warga China liburan. Mereka tidak perlu terbang berjam-jam ke Italia untuk bisa berjalan-jalan di Venesia.

Pembangunan Venesia ala China itu cuma butuh waktu empat tahun. Sayangnya, kota itu tidak berkembang. Sebaliknya, kini kota itu terlantar dan menjadi kota hantu.

ADVERTISEMENT

Kanal kering dan dipenuhi lumpur. Tanaman dan ilalang tumbuh liar.

Vlogger dengan akun Chopsticks And Train yang singgah di sana sempat terpukau saat menyaksikan bangunan-bangunan ala Eropa. Tetapi, semakin dekat, dia mendapati kondisi sebenarnya. Bukan keindahan yang ada di depan mata, tetapi kota tiruan Venesia itu mangkrak tidak terawat.

"Saya merasa aneh saja mereka melakukan hal-hal seperti ini dan bertindak berlebihan untuk membuatnya terlihat sangat Eropa karena, pada akhirnya, Anda tahu itu semua palsu. Apalagi, setelah melihat ternyata ini versi buruk dari versi aslinya," kata vlogger itu seperti dikutip The Sun.

"Semuanya tutup. Ada banyak bangunan... Banyak bangunan di mana-mana, tapi sepertinya tidak ada yang benar-benar beroperasi," ujar dia lagi.

Venesia bukan satu-satunya kota di Eropa Barat yang ditiru oleh China. Sejumlah kota wisata lain juga dibangun di negeri panda itu

Tianducheng, di Timur Laut Hangzhou, dikembangkan agar menyerupai Paris. Kota itu bahkan memiliki replika Menara Eiffel. Sayangnya, replika Paris itu sudah lebih dulu menjadi kota mati.

Kemudian, ada pula Resor Overseas Chinese Town East yang meniru Interlaken, Swiss. Kota itu memiliki danau buatan ala Swiss.

Tianjin juga dibangun seperti Florence, Italia, lengkap dengan air mancur, kanal, dan mosaik seperti di kota aslinya. Di sana juga terdapat toko-toko yang penuh dengan jenama kelas atas, termasuk Gucci dan Prada.

Di tempat lain di kota itu terdapat versi Rockefeller Center dan Menara Kembar yang terkenal di Manhattan, AS, namun sebagian besar wilayah replikanya terbengkalai dan berdebu. Selain itu, Manhattan palsu rentan terhadap banjir akibat hujan lebat dan badai.



Simak Video "Aksi Turis +62 Tangkap Copet di Venesia Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat