kubetno1.net

Sukolilo Trending di X Kampung Bandit, Jago Tawuran, Kini Polsek Patroli Rutin

Polisi melakukan olah tkp kejadian penganiayaan di jalan Wegil-Prawoto Sukolilo, Pati, Sabtu (8/6/2024).
Pati dianggap tidak aman dikhawatirkan mempengaruhi citra wisata Indonesia di mata dunia. (Dok. Polresta Pati)

Jakarta -

Dua kematian tragis terjadi di Sukolilo, Pati, Jawa Tengah membuat area itu dicap sebagai kampung bandit penadah mobil bodong dan jago tawuran. Kapolsek Sukolilo, AKP Sahlan, meminta warga tidak main hakim sendiri.

Tudingan sebagai kampung bandit penadah mobil bodong muncul setelah terjadi pengeroyokan rombongan rental asal Jakarta yang dikira maling di Sukolilo, Pati pada 6 Juni. Burhanis, pengusaha rental mobil asal Jakarta, tewas. Adapun, ketiga temannya mengalami luka di sekujur tubuh dan saat ini dirawat di RSUD RAA Soewondo Pati.

Satreskrim Polresta Pati menetapkan empat orang tersangka dalam pengeroyokan itu. Mereka adalah EN, BC, AG, dan M.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian, kasus kematian kedua di Sukolilo terjadi karena tawuran antara pemuda yang terjadi pada Sabtu (8/6) dini hari. Akibatnya satu korban WG (21) meninggal dunia. Polisi telah menetapkan tersangka sebanyak tujuh orang dalam peristiwa itu.

Sahlan mengatakan berupaya untuk mencegah terjadinya pengeroyokan hingga tawuran antara pemuda di wilayahnya. Sahlan meminta kepada masyarakat agar tidak main hukum sendiri.

ADVERTISEMENT

"Jadi beberapa upaya yang kita lakukan Polsek Sukolilo kita selalu melakukan sosialisasi juga melakukan imbauan kepada masyarakat supaya tidak terjadi lagi. Kemudian, kami mengimbau kepada masyarakat supaya semua permasalahan diselesaikan dengan baik," kata Sahlan ditemui di kantor Kecamatan Sukolilo, Selasa (11/6).

Sahlan mengatakan polisi melakukan patroli rutin ke wilayah Desa Sukolilo setelah peristiwa itu. Patroli ditingkatkan secara rutin untuk mencegah kasus pengeroyokan hingga tawuran antara pemuda.

"Jadi pascakejadian untuk menciptakan situasi Kecamatan Sukolilo lebih kondusif kita dari pihak kepolisian dari Polresta Pati, Polsek Sukolilo melaksanakan peningkatan operasi secara rutin juga melakukan patroli dengan catatan wilayah Kecamatan Sukolilo merasa terlindungi diayomi sehingga masyarakat tetap terjaga kondusivitasnya," kata Sahlan.

Pengeroyokan pemilik rental mobil oleh warga lokal di Sukolilo menjadi perhatian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sebab, keamanan di satu tempat bakal mempengaruhi pilihan destinasi wisata wisatawan baik wisatawan domestik ataupun mancanegara. Selain itu, pemilik usaha rental mobil sebagai salah satu bagian usaha pariwisata wajib dilindungi.

Pakar wisata Taufan Rahmadi juga mengungkapkan keamanan merupakan faktor utama pariwisata.

"Keamanan adalah faktor kunci dalam menarik wisatawan. Insiden kriminal seperti ini dapat menurunkan rasa aman wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang dapat berdampak negatif pada citra destinasi wisata. Wisatawan cenderung menghindari tempat yang dianggap tidak aman," kata Taufan kepada , Selasa (11/6).



Simak Video "Viral Kades di Pati Marahi Sejumlah Pemuda di Depan Mayat Tergeletak"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/iah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat