kubetno1.net

Unik Campur Gemas! Gajah Kembar Jantan-Betina Lahir di Thailand

Ilustrasi Gajah Asia
Ilustrasi gajah (iStock)

Jakarta -

Momen langka di dunia binatang terjadi di Thailand. Mereka bersuka cita menyambut kelahiran gajah kembar, beda kelamin. Itu momen yang sangat langka.

Diberitakan Bangkok Post, Selasa (11/6/2024) pengurus di Desa Royal Elephant Kraal di Kecamatan Suan Prik, Ayutthaya mengatakan bahwa anak gajah jantan tersebut terlahir lebih dulu, yakni pada Jumat malam (6/6). Beratnya sekitar 80 kilogram.

Sekitar 28 menit kemudian, lahirlah anak gajah lainnya. Gajah kedua berkelamin betina dengan berat 60 kg.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anak gajah kembar itu lahir dari gajah betina bernama PangJamjuree. Adapun, gajah jantan bernama Plai Siam berusia 29 tahun. Si jantan merupakan bintang di beberapa pertunjukan budaya di provinsi tersebut.

ADVERTISEMENT

"Seorang penjaga mengalami luka ringan ketika mencoba mengeluarkan anak gajah kedua. Dia kemudian dikirim ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan rontgen sebagai upaya pencegahan," kata pengurus desa itu.

Kelahiran bayi gajah kembar beda kelamin itu mengejutkan dokter hewan dan banyak kalangan. Bahkan, si induk juga menunjukkan gelagat tidak biasa.

"Si ibu menyerang bayinya karena dia belum pernah memiliki anak kembar sebelumnya. Itu sangat jarang terjadi," kata Michelle Reedy, direktur Elephant Stay, yang mengizinkan wisatawan yang berkunjung untuk menunggangi, memberi makan, dan memandikan gajah di Kraal.

Bayi gajah kembar saja sudah langka, apalagi bayi kembar dengan beda kelamin. November 2023, dunia dihebohkan dengan lahirnya gajah kembar di Kenya dengan kedua bayi tersebut berjenis kelamin betina.

Ya, faktanya, bayi kembar hanya menyumbang sekitar 1 persen dari total kelahiran gajah di dunia. Nah, kabar dari Thailand itu, dengan bayi kembar berbeda kelamin, pun amat mengejutkan sekaligus membahagiakan pecinta gajah di dunia.

Laithongrian Meephan, pemilik dan presiden Yayasan Phra Kochaban untuk perawatan gajah, di Kraal sebagai kampung gajah pernah terjadi beberapa kelahiran gajah kembar sebelumnya, tetapi jenis kelaminnya sama, kembar jantan atau kembar betina.

"Bayi kembar yang lahir pada hari Jumat lalu tersebut menjadi kelahiran di Kraal yang ke-94 dan ke-95 dalam 27 tahun desa gajah ini beroperasi," kata Laithongrian.



Simak Video "Begini Cara Buronan Nomor 1 Thailand Masuk ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat