kubetno1.net

Banyak Bule Berulah di Bali, yang Ini Bertingkah Ala Koboi di Jalan Raya-Bandara

Polisi menangkap bule pria yang mencuri truk di Bali. Pelaku merampas truk, kemudian menerobos Bandara Ngurah Rai hingga menyebabkan beberapa kerusakan. (dok Ist)
Polisi menangkap bule pria yang mencuri truk di Bali. Pelaku merampas truk, kemudian menerobos Bandara Ngurah Rai hingga menyebabkan beberapa kerusakan. (dok Ist)

Jakarta -

Warga negara Inggris Damon Anthony AH (50) nekat merampas truk kemudian berkendara ugal-ugalan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Menambah panjang daftar bule nakal di Pulau Dewata.

Kali ini, penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya sampai emosional. Sebab, bule bernama Antony itu membawa kabur truk dari Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung, pada Minggu (9/6/2024). Ia menabrak banyak pengendara sepanjang berkendara ugal-ugalan menuju Bandara Ngurah Rai.

"Yang jelas saya marah dengan peristiwa itu terjadi. Kok bisa seperti itu. Padahal kita sebagai tuan rumah sangat welcome dengan bule yang datang," kata Mahendra Jaya di Sanur, Denpasar, Bali, Senin (10/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mahendra meminta semua warga negara asing (WNA) menaati semua aturan di Indonesia, termasuk di Bali. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali juga akan terus menyosialisasikan aturan do's and don'ts kepada turis yang akan datang di Bali.

"Manusia banyak lupa. Kami nggak bosan mengingatkan," kata Mahendra.

ADVERTISEMENT

Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan sosialisasi aturan do's and don'ts akan terus diupayakan. Koordinasi dengan semua pihak termasuk Bandara Internasional Ngurah Rai juga terus dilakukan.

Sementara itu, pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai memastikan operasional bandara tidak terganggu. Pengelola sedang menghitung kerugian.

"Masih kami hitung terkait hal tersebut (kerusakan). Fasilitas yang rusak langsung kami perbaiki," ujar General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan dalam keterangannya, Senin (10/6).

Dia menjelaskan bule itu menerobos bandara menabrak palang toll gate dan merusak bollard atau lampu di bandara. Bule itu lantas parkir di depan lalu lari menuju lobi keberangkatan, tapi berhasil dicegah petugas Airport Security (Avsec).

"Kami mengalami beberapa kerugian kerusakan fasilitas namun tidak mengganggu operasional bandara. (Operasional) tetap dapat berjalan normal," kata Handy.

Kisah bule berulah di Bali bukan hanya Anthony. Sejumlah turis asing seolah tidak mau tahu peraturan di Bali, termasuk berpakaian dan bertindak tidak pantas di tempat ibadah dan lokasi sakral bagi warga.

Pemerintah Daerah bali sampai membuat aturan untuk mengeremnya, di antaranya menerbitkan regulasi apa saja yang boleh dan dilarang dilakukan di Bali, juga biaya masuk Rp 150 ribu.



Simak Video "Viral 'Geng Motor' Bule Tanpa Helm dan Telanjang Dada di Bali, Ini Kata Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat