kubetno1.net

Mantap, Thailand dan Laos Akan Terhubung oleh Kereta Api

Sunrise with Grand Palace of Bangkok, Thailand
Ilustrasi pemandangan Kota Bangkok, Thailand (Getty Images/iStockphoto/tawanlubfah)

Jakarta -

Sebentar lagi traveler mudah menjangkau Laos dari Thailand atau sebaliknya. Dua negara itu terhubung kereta api.

Dilansir dari Bangkok Post, Selasa (11/6/2024) menurut State Railway of Thailand (SRT), Thailand dan Laos melakukan uji coba kereta itu bulan ini. Kereta itu akan beroperasi dari Bangkok ke Vientiane pp.

Tujuan proyek itu untuk meningkatkan konektivitas wisatawan dan lalu lintas barang antara kedua negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Wakil Gubernur Perkeretaapian Thailand (SRT) Awirut Thongnet telah bertemu dengan direktur pelaksana Kereta Api Nasional Laos, Daochinda Siharath, untuk membahas peluncuran layanan kereta api antara Stasiun Pusat Krung Thep Aphiwat di Bangkok dan Khamsavath di Vientiane," kata Ekkarat Sriarayanpong, kepala kantor gubernur SRT.

"Uji coba layanan dijadwalkan dari 13 hingga 14 Juni," dia menambahkan.

ADVERTISEMENT

Selain itu, kedua petinggi negara itu juga membahas pengembangan pasar pariwisata, periklanan dan hubungan masyarakat serta cara meningkatkan transportasi barang antara Thailand, Laos dan China. Ekkarat mengatakan sebuah tim telah dibentuk untuk menangani logistik lintas batas.

Untuk persiapan lebih lanjut, SRT juga telah memberikan pelatihan kepada staf perkeretaapian Laos di berbagai bidang seperti pengoperasian kereta api, manajemen stasiun dan penjualan tiket.

Layanan uji coba antara stasiun Udon Thani, Nong Khai, Thanalaeng dan Vientiane selesai pada 21 Mei tanpa masalah. Peluncuran jalur ini merupakan upaya yang menandai perluasan kolaborasi antara kedua negara.

Ekkarat mengatakan saat ini layanan kereta api dari Thailand bisa mengantarkan penumpang ke Stasiun Thanalaeng di Laos. Dengan perluasan ke Vientiane, akan ada manfaat ekonomi yang besar.

Pembangunan Proyek Kereta Api Laos-Thailand dimulai pada tahun 2013 dengan target penyelesaian awal di akhir tahun 2021. Namun, proyek Stasiun Khamsavath mengalami penundaan sehingga selesai pada tahun 2023.



Simak Video "Begini Cara Buronan Nomor 1 Thailand Masuk ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat