kubetno1.net

Jutaan Ubur-ubur Menyerbu Pantai Probolinggo, Warlok Renang dengan Santuy

Warga berenang dengan ubur-ubur di pantai Mayangan Probolinggo
Foto: Warga lokal Probolinggo berenang di pantai meski banyak ubur-ubur (M Rofiq/detikJatim)

Probolinggo -

Pemandangan unik tersaji di pantai Mayangan, Probolinggo. Jutaan ubur-ubur menyerbu pantai itu. Meski begitu, warga lokal tetap santai berenang di sana.

Mereka tetap menikmati suasana dan santai berenang di pantai tersebut. Mereka sama sekali tidak merasa was-was akan disengat jutaan ubur-ubur tersebut.

Padahal petugas keamanan pantai telah meminta dan mengimbau agar para pengunjung pantai tetap waspada saat berenang. Pasalnya, ubur-ubur itu bisa menyengat dan menyebabkan gatal-gatal di kulit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain menyebabkan gatal-gatal, sengatan ubur-ubur juga bisa menyebabkan infeksi. Itu biasanya terjadi ketika kita tersengat ubur-ubur berbintik hitam.

Fenomena serbuan ubur-ubur di Pantai Pelabuhan Mayangan, Kota Probolinggo memang kerap terjadi setiap tahunnya. Fenomena itu disebabkan karena ubur-ubur akan mencari air yang bersuhu hangat.

ADVERTISEMENT

Kemunculan ubur-ubur ini biasanya terjadi saat pagi, siang, hingga sore menjelang malam. Selain air hangat, kemunculan ubur-ubur juga karena banyak makanannya berupa plankton yang berada di pantai setempat.

Tak hanya berwarna polos, ubur-ubur warna putih, biru dan bintik-bintik juga bermunculan di pantai tersebut.

Salah satu warga setempat, Nanik Ismiati mengatakan warga tak takut karena kemunculan ubur-ubur merupakan hal yang lumrah. Air hangat laut juga diyakini warga sebagai terapi kesehatan.

"Kebetulan saya orang sini atau disebut orang pesisir, kami meyakini mandi di laut ini sebagai terapi biar sehat. Meskipun banyak ubur-ubur muncul, ya itu sudah biasa dan kami tetap menikmati," kata Nanik, Senin (13/5).

Hal senada disampaikan pengunjung Pantai Pelabuhan Mayangan lainnya, Izam Rahardian. Menurut dia, meskipun diketahui banyak ubur-ubur, tapi ia menyebut yang muncul tidak berbahaya sehingga tidak perlu ditakuti.

"Tadi sudah saya pegang, dan memang tidak merasa gatal hanya kenyal saja, jadi tidak perlu ditakuti. Malah berenangnya makin asyik karena ditemani ubur-ubur. Biasanya sepulang sekolah atau libur sekolah pasti ke sini," pungkas Izam.

------

Artikel ini telah naik di detikJatim.



Simak Video "29 Wisatawan Pantai Parangtritis Kena Sengatan Ubur-ubur Biru"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat