kubetno1.net

Ada Kabut di Kabin Pesawat? Jangan Khawatir Ya

Kabut di kabin pesawat
Kabut di kabin pesawat (Foto: CNN)

Jakarta -

Pernahkah traveler melihat kabut saat masuk ke dalam pesawat. Apakah keadaan itu harus membuat kita khawatir?

Mengutip CNN, Kamis (6/6/2024), itu adalah fenomena yang mungkin sudah tidak asing saat terbang pada hari yang lembab. Jadi udara panas dan lembap dari luar bertemu dengan udara sejuk di dalam yang berhembus dari ventilasi AC pesawat hingga menciptakan kabut.

Beberapa minggu yang lalu, pengguna TikTok, Savannah Gowarty, mengunggah video kabut dan kondensasi di dalam pesawat dalam penerbangan domestik Amerika Serikat. Video tersebut telah ditonton lebih dari 13,1 juta kali, dengan para komentator yang takjub dan bingung mempertanyakan apa yang sedang terjadi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jawaban singkatnya: ini adalah kejadian alami yang biasanya hanya berlangsung sebentar, dan tidak perlu dikhawatirkan.

"Pada hari-hari yang panas dan relatif lembab, udara dingin dari sistem pendingin udara pesawat bercampur dengan udara kabin yang lebih hangat dan lembab dan menurunkannya ke titik embun, menciptakan kabut," kata juru bicara Administrasi Penerbangan Federal (FAA).

ADVERTISEMENT

"Kabut ini umumnya hanya berlangsung sebentar karena udara yang didinginkan dengan cepat menghangat di atas titik embun," kata FAA.

Penjelasan ilmiah

Saat pesawat menunggu di darat, udara kabin pesawat dijaga agar tetap dingin. Prosesnya dari unit pendingin udara eksternal di darat atau Auxiliary Power Unit (APU) pesawat itu sendiri.

Keduanya menyediakan udara dingin (biasanya jauh lebih dingin daripada suhu sekitar) yang untuk sementara waktu dapat menurunkan titik embun udara kabin pesawat yang cukup untuk menciptakan kabut.

Ilmuwan iklim Indrani Roy, yang bekerja di University College London, mengatakan bahwa lingkungan di dalam pesawat juga menciptakan kondisi yang sempurna untuk terjadinya pengembunan di dalam kabin.

Itulah mengapa permukaan kabin mungkin terasa lembap. Kondensasi terjadi ketika uap air di udara bersentuhan dengan permukaan padat yang lebih dingin, dan ada banyak permukaan padat di dalam pesawat terbang.

"Oleh karena itu, kondensasi lebih mungkin terjadi di area permukaan padat yang dingin di dalam kabin," kata Roy.



Simak Video "Tangis Istri Korban Pesawat Jatuh di BSD Saat Antar Pulang Jenazah dari RS"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat