kubetno1.net

Jangan Tinggalkan Kamar Hotel Berantakan dan Penuh Sampah, Ini Alasannya

Petugas kebersihan hotel sedang membersihkan kamar hotel.
Foto: Ilustrasi hotel (Getty Images/Hispanolistic)

Daftar Isi
  • Alasan Tak Boleh Meninggalkan Kamar Hotel Berantakan
  • 1. Meninggalkan Noda yang Sulit Dihilangkan 2. Sampah Makanan Menimbulkan Bau 3. Merusak Properti 4. Tidak Menghormati Petugas 5. Kena Denda 6. Masuk Daftar Hitam
  • Apa yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Check Out
  • 1. Kembali Cek Semua Tempat 2. Rapikan Tempat Tidur 3. Kembalikan Handuk Bekas di Mandi 4. Bawa Pulang Makanan Kamu 5. Buang Sampah ke Tempatnya 6. Kembalikan Barang ke Tempat Semula 7. Jangan Lupa Cabut Charger
Jakarta -

Sengaja meninggalkan kamar hotel dalam kondisi berantakan ternyata adalah hal yang keliru. Justru sebaliknya, kamar hotel sebaiknya ditinggalkan dalam keadaan rapi seperti semula.

Selama ini memang ada banyak kabar mengatakan bahwa tamu hotel harus meninggalkan hotel dalam kondisi berantakan. Alasannya adalah agar petugas betul-betul membersihkan kamar hotel sebelum dipakai tamu lain.

Dalam artikel ini akan kita ulas alasan jangan meninggalkan kamar hotel berantakan dan penuh sampah dan apa saja yang sebaiknya dilakukan sebelum check out.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alasan Tak Boleh Meninggalkan Kamar Hotel Berantakan

Berikut ini sederet alasan mengapa tak boleh meninggalkan kamar berantakan dan penuh sampah, seperti dikutip dari laman Travel Legendary dan News.com.au.

1. Meninggalkan Noda yang Sulit Dihilangkan

Menaruh barang-barang hotel tidak pada tempatnya bisa mengotori barang tersebut, bahkan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan. Misalnya ketika menaruh handuk di lantai atau membuang sampah di lantai karpet.

ADVERTISEMENT

2. Sampah Makanan Menimbulkan Bau

Sampah makanan sebaiknya segera dibuang. Jika sengaja ditinggalkan, mungkin akan membusuk dan meninggalkan bau. Bau ini mungkin belum hilang ketika tamu selanjutnya datang dan akan menggunakan kamar tersebut.

3. Merusak Properti

Sengaja membuat kamar berantakan juga bisa berpotensi merusak properti. Misalnya ketika kamu berusaha melepaskan kain seprai dari tempat tidur kemudian tidak sengaja menjatuhkan barang di sekitarnya.

4. Tidak Menghormati Petugas

Selain itu, ada hal yang lebih penting, yaitu berkaitan dengan etika. Tindakan mengotori kamar hotel berarti tidak menghormati petugas hotel yang susah payah membersihkan kamar. Bayangkan jika semua kamar berantakan, sedangkan jumlah petugasnya terbatas.

5. Kena Denda

Beberapa hotel menerapkan denda kepada tamu yang meninggalkan hotel berantakan. Memang tamu tidak harus betul-betul membersihkan kamar.

Akan tetapi jangan sampai keterlaluan hingga meninggalkan sampah berserakan dan kamar tampak kacau. Kamu mungkin dikenai biaya tambahan untuk kebersihan maupun kerusakan barang.

6. Masuk Daftar Hitam

Selain itu, mungkin nama kamu akan masuk ke daftar hitam atau blacklist sehingga berdampak saat kamu akan menyewa hotel di kemudian hari.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Check Out

Lalu apa yang sebaiknya kamu lakukan sebelum check out dari hotel? Berikut ini beberapa tips yang dilansir dari laman Aol:

1. Kembali Cek Semua Tempat

Kembali cek semua tempat di kamar hotel, seperti kamar mandi, tempat tidur, hingga kolong tempat tidur. Apalagi jika kalian mengajak anak-anak, mereka mungkin menyembunyikan barang-barang.

2. Rapikan Tempat Tidur

Rapikan kembali tempat tidur seperti semula. Jika memang tidak sempat, jangan sampai membiarkan kamar hotel kacau seperti kapal pecah. Ini adalah etika yang seharusnya diterapkan setiap tamu.

3. Kembalikan Handuk Bekas di Mandi

Kembalikan handuk bekas di kamar mandi. Banyak tamu meninggalkan handuk di tempat tidur. Ini tentu akan membantu petugas lebih cepat membereskan kamar.

4. Bawa Pulang Makanan Kamu

Tamu sering kali membawa makanan sendiri dan menaruhnya di kulkas. Jangan lupa membawa pulang makananmu sebelum check out. Jika sudah tidak ingin dimakan, buanglah ke tempat sampah.

5. Buang Sampah ke Tempatnya

Buang semua barang yang sudah tidak terpakai pada tong sampah. Jika tong sampah sudah penuh, letakkan di samping tong sampah. Sebisa mungkin, sampah dijadikan satu ke dalam plastik agar tidak berceceran.

6. Kembalikan Barang ke Tempat Semula

Tamu sering kali memindahkan barang seperti kursi, meja, dan benda lainnya. Mengembalikan barang ke tempat semula akan membantu petugas mengecek apakah ada barang yang hilang.

7. Jangan Lupa Cabut Charger

Salah satu barang yang sering ketinggalan adalah charger HP. Biasanya petugas menemukan charger masih dicolokkan ke stop kontak. Oleh sebab itu, pastikan kamu mencabut charger sebelum meninggalkan kamar hotel.

Demikian tadi sejumlah alasan tidak boleh meninggalkan kamar hotel berantakan dan penuh sampah. Sebaiknya lakukan pula beberapa tips di atas sebelum check out dari hotel.



Simak Video "Detik-detik Tamu Hotel Mewah di China Ngamuk, Tabrakkan Mobil ke Lobi"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat