kubetno1.net

Lagi, Bus Pariwisata Nyaris Celaka! Terbakar gegara Siswa Ngecas Powerbank

Kondisi bus Study Tour SMP Bina Cendekia Astanajapura Cirebon usai kebakaran di parkir Senopati, Selasa malam (28/5/2024).
Foto: Bus kebakaran di Jogja (Dwi Agus/detikJogja)

Jogja -

Bus pariwisata yang mengangkut rombongan SMP Bina Cendekia Astanajapura Cirebon terbakar di parkiran Panembahan Senopati. Penyebabnya ada yang ngecas powerbank!

Bus pariwisata yang disewa buat study tour siswa-sisi SMP itu terbakar pada Selasa (28/5). Kabar terbakarnya bus pariwisata tersebut viral di media sosial usai diunggah di Instagram akun @Merapi_uncover. Akun tersebut membagikan video proses pemadaman kebakaran.

"[Breaking News] terjadi kebakaran di Taman Parkir Senopati Jogja, Klo kata orang sekitar ada yang cas HP pakai powerbank didalem bis, trs meledak sudah ada damkar di lokasi," tulis akun tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah seorang guru pendamping, Kadrana Ismail (61), mengatakan yang terbakar adalah bus 1. Berdasarkan keterangan yang dia dapatkan, kebakaran disebabkan powerbank milik salah seorang siswa yang dicas di dalam bus.

"Jadi informasinya ini kan bus 1, informasinya ada anak dari bus 2 nyolokin powerbank ngecas powerbank. Kondisi bus waktu itu dalam keadaan tidak berjalan, berhenti," jelasnya di lokasi kejadian.

ADVERTISEMENT

Insiden itu mengakibatkan bagian atas bus bernomor polisi E 7603 KC itu terbakar. Beruntung, kebakaran bisa segera dilokalisir dan diatasi. Terlihat hanya ada bagian plafon bus yang meleleh. Sedangkan secara keseluruhan bus masih terlihat utuh.

Ismail menuturkan, tidak ada siswa yang cedera dalam kejadian tersebut. Ini karena seluruh siswa berada di luar bus pada saat kebakaran terjadi. Akan tetapi, beberapa barang milik siswa dan guru basah karena air dari pemadam kebakaran.

"Posisi anak semua turun kosong hanya barang-barang saja. Di bagasi barang selamat. Dalam bus juga selamat cuma basah karena kesiram air. Saya ke sini sudah ada damkar," katanya.

Kasi Humas Polresta Jogja, AKP Sujarwo membenarkan penyebab kebakaran bus pariwisata rombongan study tour anak-anak SMP dari Cirebon itu akibat dari korsleting listrik.

Sujarwo menuturkan, peristiwa kebakaran terjadi pukul 20.00 WIB. Berawal dari saksi siswa SMP Bina Cendekia Astanajapura Cirebon yang melihat adanya kepulan asap dari dalam bus.

"Dilihat ternyata sumber api berasal dari kabel charger yang menempel di soket panel AC rak tas atas bangku penumpang nomor 6," jelasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (29/5) pagi.

Kondisi kabel yang menempel pada soket inilah menjadi penyebab kebakaran. Alhasil percikan api langsung menyambar jok nomor 6. Termasuk membakar kompartemen yang berada di atasnya.

"Jadi kabel yang masih menempel di soket terbakar dan menyambar jok nomor 6 berikut plafon di sekitar," katanya.

Untungnya api tidak merambat lebih luas. Ini karena warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Hingga akhirnya tiba satu unit mobil Damkar dari Kota Jogja.

-------

Artikel ini telah naik di detikJogja.



Simak Video "Cek Kelaikan Bus Pariwisata Seluruh Indonesia, Ini Temuan Kakorlantas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat