kubetno1.net

Handphone Jadul Bisa Buat Penumpang Gagal Terbang Lho, Kok Bisa?

Ilustrasi penggunaan telepon di pesawat
Ilustrasi handphone di pesawat. (Getty Images/iStockphoto/Techa Tungateja)

Jakarta -

Siapa sangka, beberapa handphone jadul dapat menyebabkan pelancong gagal naik pesawat. Penasaran apa saja jenis gawai yang dilarang tersebut?

Melansir The Sun, Jumat (17/5/2024), ponsel lama yang disita oleh keamanan bandara itu biasanya karena dianggap tidak aman. Misalnya, beberapa model ponsel Samsung tertentu yang dilarang di beberapa maskapai penerbangan karena mudah terbakar.

Beberapa tahun lalu, kerap terjadi ponsel series Samsung Note jadul terbakar secara tiba-tiba dalam penerbangan. Sehingga, gawai itu resmi dinyatakan berisiko dan dilarang masuk ke dalam kabin ataupun bagasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hingga kini larangan itu masih berlaku untuk model ponsel antara Note2 hingga Note7. Jika membawa gawai jenis ini, traveler bisa mengalami kejutan dalam penerbangan. Entah traveler perlu meninggalkan ponsel itu di bandara atau memutuskan untuk tidak jadi terbang.

Jika traveler tidak yakin apakah gawai jadul yang dimiliki diizinkan dibawa ke dalam pesawat, maka traveler sebaiknya memeriksa terlebih dulu. Namun menurut The Sun, selain gawai tersebut, seharusnya traveler tidak akan mendapati masalah.

ADVERTISEMENT

Ponsel Samsung yang lebih baru pun dikabarkan baik-baik saja dan tidak pernah menjadi masalah bagi penumpang.

Barang lainnya yang tak terduga dan dilarang dalam penerbangan misalnya bantalan pemanas listrik. Itu karena bantalan itu umumnya berisikan gel atau cairan yang tidak boleh dibawa dalam tas jinjing. Jika traveler tetap ingin membawanya, sebaiknya barang itu dimasukkan ke bagasi.

Selain itu, barang lain yang terlarang dan digunakan secara umum adalah rokok elektrik. Itu karena baterai lithium ion berisiko terbakar jika dibawa di kabin.



Simak Video "Momen Pesawat Jemaah Haji Keluarkan Percikan Api saat Lepas Landas"
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat