kubetno1.net

Alhamdulillah, Jemaah Haji yang Pesawatnya Sempat Terbakar Telah Sampai di Madinah

Jemaah Embarkasi Makassar Tiba di Madinah
Jemaah embarkasi Makassar telah tiba di Madinah (Dokumen Media Center Haji (MCH)

Jakarta -

Rombongan haji kloter UPG 5 asal embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), akhirnya tiba di Tanah Suci. Keberangkatan jemaah sempat tertunda karena mesin pesawat terbakar setelah lepas landas.

Garuda Indonesia dengan kode GIA 1105 yang mengangkut 450 jamaah haji asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami masalah mesin yang menyebabkan timbul percikan api pada sayapnya sesaat setelah lepas landas. Pesawat pun melakukan pendaratan darurat dan tidak ada yang terluka.

"Penerbangan GA-1105 rute Makassar-Madinah pada hari ini (kemarin, Red), yang merupakan kloter 5 asal embarkasi Makassar, melakukan prosedur return to base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut," kata Irfan Setiaputra, direktur utama Garuda Indonesia dalam keterangannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk tindakan lanjutan, Garuda Indonesia langsung menyiapkan menyiapkan pesawat cadangan untuk mendukung kelancaran keberangkatan jemaah haji ke tanah suci.

"Sebagai bagian dari langkah mitigasi operasional penerbangan haji dari embarkasi Makassar agar tetap berlangsung lancar setelah peristiwa tersebut, Garuda Indonesia juga telah mempersiapkan alokasi pesawat backup guna memastikan keberangkatan calon jemaah haji selanjutnya berjalan sesuai jadwal yang telah direncanakan," kata Irfan.

ADVERTISEMENT

Jemaah telah sampai di Madinah

Dikutip dari detikHikmah, pesawat yang membawa jemaah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pukul 04.00 Subuh waktu setempat, Kamis (16/5/2024).

Tiba di bandara, sebagian besar di antara mereka sujud syukur.



Simak Video "Garuda Siapkan 14 Pesawat untuk Angkut Jemaah Haji Tahun Ini "
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat