kubetno1.net

Pedagang di Candi Borobudur Bakal Ditata, Kios-kios Dibongkar

Suasana pembongkaran kios pedagang di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Selasa (14/5/2024).
Foto: Pembongkaran kios pedagang di sekitar candi Borobudur (Eko Susanto/detikJateng)

Magelang -

Para pedagang kaki lima yang berjualan di kompleks Candi Borobudur akan ditata. Mereka akan dipindah ke lokasi baru. Kios-kios di lokasi lama bakal dibongkar.

Pembongkaran kios pedagang ini dimulai pada Senin (13/5). Para pedagang tampak masih menyelesaikan pembongkaran kios maupun lapak.

"Sejak kemarin sudah nggak bisa jualan (kios dibongkar). Nanti mau dipindahkan (relokasi) ke tempat sementara itu mulai, Jumat (17/5)," kata salah seorang pedagang di Candi Borobudur, Sujadi (70), Selasa (14/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Libur nggak jualan, dari sekarang sampai tanggal 17 Mei. Sudah dibuatkan di sebelah barat museum (Museum Karmawibangga). Mulai dari Kandang Gajah sampai Pos 6 (belakang museum)," lanjutnya.

Pedagang lainnya, Saman (68) mengatakan para pedagang akan pindah selama sekitar 3 sampai 4 bulan. Kemudian pedagang bakal ditempatkan di kompleks Pasar Seni Borobudur.

ADVERTISEMENT

"Sekitar 3-4 bulan, setelah itu ke Kujon (lokasi Pasar Seni Borobudur)," kata Saman.

Terkait lokasi relokasi ini, ia menyebut lebih dekat dengan pintu keluar pengunjung Candi Borobudur.

"Lebih dekat daripada dulu," ujarnya.

Sementara itu, juru bicara PT TWC, Ryan Eka Permana Sakti mengatakan kawasan Candi Borobudur menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan Pemerintah.

Untuk itu, guna mengakselerasi pertumbuhan ekosistem pariwisata Borobudur dan ekonomi di sekitarnya, seluruh pihak sepakat meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas pendukung secara bergotong royong.

Masyarakat yang berwirausaha di kompleks Candi Borobudur secara bersama-sama mengosongkan lokasi mulai 13-16 Mei.

"Kemudian diteruskan proses revitalisasinya pada 17 Mei 2024. Sebagai lokasi sementara kami telah menyiapkan sepanjang area belakang Museum Borobudur dan eks Kandang Gajah, dengan fasilitas memadai dan tetap mendapat akses pengunjung yang hendak keluar via Pintu 6 untuk menjaga peluang usaha mereka," ujarnya.

Sebelumnya, General Manager Unit Borobudur, Jamaludin Mawardi mengatakan penataan pedagang ini merupakan penataan kawasan secara keseluruhan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Borobudur.

Para pedagang nantinya bakal direlokasi ke Pasar Seni Borobudur yang berada di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.


------

Artikel ini telah naik di detikJateng.



Simak Video "Indahnya Langit di Atas Candi Borobudur Dihiasi Ribuan Lampion"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat