kubetno1.net

Ooh... Ternyata Begini Cara Kereta Api Isi Bahan Bakar

Pengisian bahan bakar kereta api
Pengisian bahan bakar kereta api (dok PT KAI)

Jakarta -

Kereta api selalu saja menarik untuk diulik. Yang paling sering dipertanyakan, bagaimana sih cara kereta api mengisi bahan bakar?

Kereta api tak seperti transportasi publik lainnya, moda angkutan ini memiliki karakteristik yang khas serta memerlukan keahlian khusus dalam pengisian bahan bakar.

Proses pengisian dimulai dengan memposisikan lokomotif tepat pada jalur pengisian bahan bakar. Petugas akan mengamankan lokomotif selama proses ini berlangsung. Kemudian, mereka akan memastikan jumlah bahan bakar yang tersedia dan menentukan jumlah yang perlu ditambahkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengisian dilakukan oleh petugas khusus menggunakan peralatan seperti nozzle gun, flow meter, dan fuel pump. Proses pengisian bahan bakar dilakukan oleh petugas khusus yang memiliki kompetensi dan telah dilatih oleh PT Pertamina Patra Niaga. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan, manajemen lingkungan, ketersediaan bahan bakar, dan keandalan peralatan.

Pengisian bahan bakar kereta apiPengisian bahan bakar kereta api (dok PT KAI)

Jenis bahan bakar yang digunakan

ADVERTISEMENT

Lokomotif umumnya menggunakan bahan bakar jenis High Speed Diesel (HSD), namun saat ini beralih ke Bio Solar (B35) untuk mendukung program penggunaan Bahan Bakar Nabati (BBN). Bio Solar merupakan bahan bakar alternatif yang terbuat dari campuran bahan bakar fosil dan bahan organik seperti minyak kelapa sawit atau limbah tumbuhan. Penggunaan Bio Solar membantu mengurangi jejak karbon dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Lokasi pengisian

Pengisian bahan bakar hanya dapat dilakukan di depo lokomotif, depo kereta, pengawas urusan sarana (PUS), pengawas urusan kereta (PUK), dan di balai yasa yang dilengkapi dengan fasilitas pengisian. Saat ini terdapat 47 lokasi di wilayah operasional KAI yang memenuhi standar tersebut.

Pengisian bahan bakar kereta apiPengisian bahan bakar kereta api Foto: (dok PT KAI)

Kapasitas tangki dan jarak tempuh

Kapasitas tangki bahan bakar pada lokomotif bervariasi tergantung pada jenisnya, namun rata-rata berkisar antara 3000-3800 liter. Untuk lokasi tangki bahan bakar pada lokomotif terletak di bagian tengah bawah.

Pengisian bahan bakar disesuaikan dengan jarak yang akan dilayani oleh kereta api. Untuk mengetahui jarak yang dapat ditempuh dengan bahan bakar yang terisi penuh, hal ini tergantung pada jenis lokomotifnya karena SFC (Specific Fuel Consumption) dari masing-masing jenis lokomotif berbeda.

Namun, untuk perkiraan rata-rata, jarak yang dapat ditempuh dengan kapasitas bahan bakar penuh sekitar 3000 liter adalah sekitar 1.034 KM. KAI menggunakan SAP Personas untuk menghitung kebutuhan bahan bakar dengan presisi sehingga tidak akan kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Dalam keadaan normal, lokomotif tidak akan kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan karena masinis selalu memantau jumlah bahan bakar yang tersedia melalui layar monitor/smart display/fire screen. Namun, jika terjadi kendala yang mengakibatkan kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan, masinis akan berkoordinasi dengan unit terkait untuk mendapatkan izin pengisian bahan bakar di lokasi yang dilengkapi dengan fasilitas pengisian bahan bakar terdekat sebelum bahan bakar benar-benar habis.

Pengisian bahan bakar kereta apiPengisian bahan bakar kereta api Foto: (dok PT KAI)

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan pengisian bahan bakar pada lokomotif kereta api adalah proses yang sangat penting dan memerlukan keahlian khusus serta perencanaan yang matang untuk menjaga kelancaran perjalanan. Dengan pemahaman yang baik mengenai proses ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional kereta api secara keseluruhan.

"Dengan memilih bahan bakar yang ramah lingkungan, menggunakan prosedur yang aman, dan melibatkan petugas yang terlatih, KAI berkontribusi pada upaya global untuk menjaga kelestarian lingkungan. Menggunakan moda transportasi massal dalam mobilitas sehari-hari, menjadi salah satu rekomendasi yang harus dilakukan untuk mengurangi polusi udara. Kereta api, menjadi salah satu solusinya," kata Joni dalam keterangan resmi Sabtu (27/4).



Simak Video "Penampakan Bus dan Kereta Api Tabrakan di Los Angeles"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat