kubetno1.net

Mengagumkan! 10 Patung Tertinggi di Dunia, Nomor 4 Ada GWK di Indonesia

Sejarah patung GWK Bali berkaitan dengan sosok Nyoman Nuarta. Patung Garuda Wisnu Kencana menjadi maskot provinsi Bali. Bagaimana latar belakang pembangunannya?
Garuda Wisnu Kencana di Bali (Rachman_Haryanto/)

Badung -

Patung-patung raksasa telah lama jadi simbol keindahan dan keagungan di berbagai belahan dunia. Berikut daftar 10 patung tertinggi di dunia, di nomor empat ada GWK!

Tak hanya menarik perhatian dengan kebesaran fisiknya, patung-patung ini juga mempunyai makna dan pesan khusus. Dengan bangunan fisik yang berbeda dan ciri khas, keunikan, serta pesan yang dipunyai, patung-patung itu menjadi ikon kota, negara, juga kemudian menjadi destinasi wisata unggulan.

Selain nilai artistik dan keindahan, ukuran patung yang menjulang juga menjadi pembeda. Patung-patung raksasa itu tersebar di seluruh dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penasaran patung apa saja yang masuk daftar 10 besar patung tertinggi di dunia? Yuk simak rangkuman dari .

10 patung tertinggi di dunia:

1. Statue of Unity, India

Patung persatuan, yang terletak di Distrik Narmada, Gujarat, India, adalah patung tertinggi di dunia. Patung ini memiliki tinggi 597 kaki, atau sekitar 182 meter dengan total tinggi 240 meter, jika ditambah permukaannya.

ADVERTISEMENT

Patung tersebut didedikasikan untuk Sardar Vallabhbhai Patel, menteri dalam negeri pertama India. Sardar dianggap sebagai tokoh patriotik dan pemimpin terkemuka.

Pembangunan patung tersebut menelan biaya Rp 6 triliun. Bukan setahun atau dua tahun, pembangunan patung itu dimulai pada 31 Oktober 2014 dan selesai pada pertengahan Oktober 2018.

2. Spring Temple Buddha, China

Patung Spring Temple Buddha di Henan, Cina, memiliki ketinggian 420 kaki, atau sekitar 128 meter, jika ditambahkan dengan alasnya, ketinggian patung satu ini bisa mencapai 682 kaki, atau 208 meter.

Patung yang terbuat dari tembaga ini menghabiskan dana sekitar Rp 733 miliar. Patung ini dibangun pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 2008. Didedikasikan kepada Buddha.

3. Laykyun Setkyar, Myanmar

Di negara Myanmar, patung Laykyun Setkyar berdiri setinggi 129 meter bila ditambah dengan alasnya. menampilkan kemegahan Buddha yang menakjubkan. Membutuhkan waktu sekitar 12 tahun untuk menyelesaikan patung ini.

Nggak hanya satu, Laykyun Sekkya menampilkan dua patung dengan pose berbeda, yakni berdiri dan berbaring. Warnanya didominasi warna kuning keemasan.

4. Garuda Wisnu Kencana, Indonesia

Patung Garuda Wisnu Kencana di Bukit Ungasan, Bali. Menjadi patung tertinggi keempat di dunia membuat Patung GWK terlihat dari radius 20 km. Nama Garuda Wisnu Kencana diambil dari bentuk patung yang menyerupai Dewa Wisnu yang menunggangi burung garuda dengan mahkota emas.

Garuda Wisnu Kencana, ikon Bali memang indah. Di tengah pandemi, seperti apa ya di sana? Penasaran?Garuda Wisnu Kencana, ikon Bali Foto: Muhammad Ridho

Patung tertinggi di Indonesia itu terinspirasi oleh cerita Hindu tentang Garuda mencari ramuan kehidupan Tirta Amerta. Patung GWK memiliki tinggi sekitar 122 meter dengan lebar 66 meter.

Patung GWK membutuhkan waktu 28 tahun untuk pembangunannya.

5. Ushiku Daibutsu, Jepang

Ushiku Daibutsu, patung Buddha perunggu terbesar di dunia sekaligus menjadi patung tertinggi kelima di dunia. Patung berdiri ini, yang selesai dibangun pada tahun 1993, memiliki ketinggian total 120 meter (390 kaki). Ini mencakup pondasi 10 meter (33 kaki) dan platform lotus 10 meter.

6. Sendai Daikannon, Jepang

Sendai Daikannon adalah patung raksasa Bodhisattva Guan Yin yang terletak di Prefektur Miyagi, Jepang. Selesai dibangun pada tahun 1991, patung ini melambangkan belas kasih dan perlindungan dalam Buddhisme Mahayana.

Patung ini memiliki tinggi sekitar 100 meter, menggambarkan Bodhisattva Kannon memegang Permata Chintamani.

Meskipun sudah berusia 32 tahun, hingga kini patung ini menjadi tempat peribadatan dan meditasi bagi umat Buddha, serta menarik banyak wisatawan dengan keindahannya.

7. Guishan Guanyin, China

Guishan Guanyin, yang terletak di Kuil Miyin di Provinsi Hunan, China memiliki ketinggian 99 meter. Guishan Guanyin tidak hanya termasuk patung tertinggi di dunia, tetapi juga sangat istimewa karena terbuat dari perunggu berlapis emas.

Patung ini dibuat dengan sebelas kepala yang diyakini dapat mendengarkan keinginan orang dan ribuan tangan yang diyakini melindungi semua makhluk hidup.

8. Patung Liberty, AS

Patung LibertyPatung Liberty (Gibran Maulana Ibrahim/)

Patung Liberty atau patung kebebasan adalah sebuah patung berukuran raksasa di Pulau Liberty, muara sungai Hudson.

Patung itu dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran, dan orang Amerika yang kembali.

Menjadi patung yang ikonik, Patung Liberty memiliki tinggi sekitar 93 meter dengan berat sekitar 204 ton.

9. Buddha Agung, Thailand

Buddha Agung Thailand memiliki tinggi yang tak terpaut jauh dari Patung Liberty, hanya berbeda satu meter. Buddha Agung memiliki tinggi sekitar 92 meter menjadikannya patung tertinggi di dunia kesembilan.

Kepala biara pertama di Kuil Wat Muang Phra Kru Vibul Arjarakhun memerintahkan untuk membangun Buddha Agung Thailand. Tujuannya adalah untuk memberikan penghormatan kepada Raja Bhumibol Thailand.

10. The Motherland Calls, Rusia

Meskipun Motherland Calls bukan patung tertinggi di dunia, itu adalah patung tertinggi di Eropa dengan ketinggian 85 meter sekaligus menjadi patung paling terkenal di Rusia untuk peringatan Perang Dunia II.

Patung The Motherland Calls menggambarkan sosok ibu (negara) yang mengajak anak-anaknya (penduduk) untuk maju berani ke medan perang.

Patung itu berada di Mamayev Kurgan, Volgograd (dahulunya dikenal sebagai Stalingrad), tempat pertempuran paling brutal antara Tentara Merah dan Jerman Nazi. Di sekitarnya, lebih dari 35 ribu tentara Soviet dimakamkan.



Simak Video "Sejarah Patung GWK yang Jadi Patung Tertinggi Keempat di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat