kubetno1.net

Obat Kuat Pria Dewasa hingga Susu Unta, 8 Oleh-oleh Khas Tanah Arab

Pembeli memilih suvenir yang dijual di Pasar Kakiyah, Mekah, Arab Saudi, Kamis (6/7/2023). Pasar Kakiyah dipadati jamaah haji yang sebagian besar dari Indonesia  untuk membeli suvenir sebagai oleh-oleh bagi keluarga. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Berburu oleh-oleh khas Arab di Pasar Kakiyeh Makkah. (Wahyu Putro A/Antara)

Daftar Isi
  • 8 Oleh-oleh Unik Khas Arab Saudi
  • 1. Susu Unta 2. Kopi Qahwa 3. Dallah 4. Emas 5. Khanjar 6. Parfum Oud 7. Hati Unta 8. Hajar Jahanam
  • Tentang Obat Kuat Hajar Jahanam
Jakarta -

Membeli buah tangan untuk keluarga dan teman adalah sebuah keharusan saat travelling ke luar negeri. Apalagi saat pergi umrah ke tanah suci, pulang-pulang pasti koper sudah dipenuhi dengan oleh-oleh seperti air zam-zam, kurma, tasbih, peci, atau mukena.

Selagi berkunjung ke tanah suci, kamu bisa banget nih coba membeli sejumlah cinderamata unik khas Arab Saudi ini. Yuk, langsung simak di bawah.

8 Oleh-oleh Unik Khas Arab Saudi

Dirangkum dari situs Saudiarabiaofw, Kemenag, dan Zamzamcom, berikut 8 oleh-oleh antimainstream yang dapat kamu temukan di Arab:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Susu Unta

Minum susu sapi memang sudah biasa, tapi pernah nggak sih kamu coba minum susu unta? Sebagai negara habitat para unta, Arab Saudi memiliki beberapa peternakan yang memproduksi susu unta dengan berbagai varian rasa. Tidak hanya dijual dalam bentuk minuman, produk susu unta diolah menjadi produk sabun juga, lho.

2. Kopi Qahwa

Buat kamu si pecinta kopi, coba deh untuk mencicipi kopi lokal Arab satu ini. Diolah dengan tambahan rempah-rempah, kopi qahwa memiliki cita rasa yang berbeda dari kopi di tempat lain. Beberapa rempah yang biasa diseduh bersama kopi qahwa ada kapulaga, kayu manis, cengkeh dan kunyit.

ADVERTISEMENT

3. Dallah

Omong-omong soal kopi khas Arab, masyarakat arab mempunyai cara unik dalam menyajikan kopi, yaitu dengan menggunakan teko kopi tradisional dari logam yang disebut dallah. Teko kopi bergagang melengkung ini bisa dibeli di pasaran, khususnya di pasar-pasar lama di Mekkah, Madinah dan Riyadh.

4. Emas

Arab Saudi merupakan tempat terbaik bagi turis yang ingin berbelanja perhiasan emas. Hal ini karena di Arab tidak ada PPN (Pajak Pertambahan Nilai), sehingga nilai jual emasnya lebih rendah dibanding negara lain. Kalau kamu tertarik berburu perhiasan emas, disarankan untuk beli di Batha Gold Market, Riyadh atau di Al Balad Gold Market.

5. Khanjar

Khanjar adalah pisau tradisional warisan suku Badawi Arab. Khanjar biasanya terbuat dari bahan emas atau perak berhiaskan ukiran indah dan mutiara yang menambah kesan mewah.

6. Parfum Oud

Parfum Oud merupakan souvenir populer yang banyak diincar turis saat berkunjung ke Arab Saudi. Parfum ini diproduksi dari pohon Aquilaria dan memiliki aroma manis dan smoky yang khas saat dicium. Beberapa merk parfum oud yang paling terkenal yaitu Al Amaken, Hind Al Oudh, Rasasi, dan Swiss Arabian.

7. Hati Unta

Meski terdengar tidak biasa, nyatanya ada pedagang di Arab Saudi yang menjual oleh-oleh eksentrik ini. Hati unta diperdagangkan di pasaran dalam kondisi sudah dikeringkan dan bisa digoreng tanpa minyak.

Konsumsi hati unta dipercaya bisa mengatasi asma dan memiliki khasiat lain. Tak heran jika para pelancong dan peziarah mencari oleh-oleh ini. Namun hati unta kini tak lagi diperdagangkan, sejak merebaknya penyaki Ebola dan MERS.

8. Hajar Jahanam

Satu lagi oleh-oleh ekstrem yang diam-diam banyak diburu kalangan jemaah pria dewasa yaitu obat kuat hajar jahanam. Disebut hajar jahanam lantaran warnanya yang hitam seperti kerak neraka jahannam. Rumornya, hajar jahanam berfungsi sebagai obat oles penambah keperkasaan pria.

Di Arab, obat kuat ini dipasarkan seharga 5-25 riyal atau setara Rp 15.000-17.000 per bungkus. Hajar jahanam dapat dibeli secara online dengan harga mulai dari Rp 50.000-Rp 150.000.

Tentang Obat Kuat Hajar Jahanam

Dikutip dari situs Kemenag, Hajar Jahanam sesungguhnya tidak berasal dari Arab Saudi. Obat kuat pria dewasa itu berasal dari Mesir yang kemudian populer di kawasan Timur Tengah.

Obat kuat pria dewasa Hajar Jahanam berasal dari getah pohon yang diberi ramuan khas Mesir. Hajar Jahanam adalah obat luar yang digunakan dengan cara dioles. Penggunaan Hajar Jahanam dipercaya bisa mengatasi ejakulasi dini dan memberi kepuasan seksual.

Dalam arsip berita Kemenag tahun 2008 dikatakan, Hajar Jahanam masuk Arab Saudi secara ilegal. Mereka yang ketahuan membawa obat kuat pria dewasa ini akan dihukum berat, termasuk deportasi.



Simak Video "Bill Gates Sambut Janji Donasi Arab Saudi Perangi Polio"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat