kubetno1.net

Fakta-fakta Juneau, Kota Kecil yang Ingin Bebas dari Berisiknya Turis di Hari Sabtu

People mill about on the sea walk along which cruise ships dock on June 12, 2023, in downtown Juneau, Alaska. Buses stand ready to take tourists to activities around town. As the Mendenhall Glacier continues to recede, tourists are flooding into Juneau. A record number of cruise ship passengers are expected this year in the city of about 30,000 people.(AP Photo/Becky Bohrer)
Kota Juneau diserbu ribuan turis (Becky Bohrer/AP)

Juneau -

Kota Juneau di Alaska terganggu oleh wisatawan hingga mendambakan hari Sabtu yang damai. Apa keunggulan Juneau hingga wisatawan berbondong-bondong liburan ke sana?

Dilansir dari Yahoo News, Juneau sedang menggodok kebijakan untuk melarang kapal pesiar dengan 250 penumpang atau lebih berlabuh di sana pada hari Sabtu.

Kebijakan itu untuk meredam kedatangan turis pada akhir pekan. Warga terganggu dengan jumlah turis yang terlalu banyak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penentuan kebijakan itu dijalankan lewat pemungutan suara pada 1 Oktober 2024.

Juneau menjadi incaran turis karena memiliki keindahan alam yang tidak biasa.

ADVERTISEMENT

Berikut 5 fakta menarik Juneau:

1. Tidak dapat diakses melalui jalan darat

Juneau adalah satu-satunya ibu kota negara bagian di Amerika yang tidak dapat diakses melalui jalan darat. Kota itu hanya dapat diakses lewat air yaitu dengan kapal pesiar dan jalur udara yaitu helikopter atau pesawat.

Setiap hari, kota tersebut menerima ribuan turis dari kapal pesiar. Saat kapal bersandar di pelabuhan, turis turun ke kota dan membuat macet. Polusi suara pun tak lagi terelakkan. Inilah yang membuat warga Juneau ingin punya satu hari tenang tanpa aktivitas turis.

2. Berganti nama dua kali

Pada tahun 1880, Joe Juneau dan Richard Harris sedang mencari emas dan menemukan emas sebesar kacang di sepanjang Gold Creek di tempat yang sekarang disebut Juneau. Sebuah kamp pertambangan lalu terbentuk, dan dalam waktu satu tahun, kota itu menjadi kota kecil bernama Harrisburg.

Nama itu segera diubah untuk menghormati letnan komandan angkatan laut yang ditempatkan di sana, Charles Rockwell. Pada tahun 1881, para penambang mengubah nama kota itu lagi, kali ini untuk menghormati Juneau.

3. Wisata midnight sun

Midnight sun atau matahari di tengah malam adalah fenomena alam yang hanya bisa dilihat di utara bumi. Beruntung, Juneau adalah salah satunya.

Pada tanggal 21 Juni, hari terpanjang dalam setahun akan dirasakan oleh penduduk Juneau, mereka mengalami siang hari penuh selama 18 jam 18 menit. Meski terbenam, sinar matahari tak pernah berhenti bersinar bahkan pada pukul 23.30 hingga pukul 02.30 dini hari.

4. Alam liar

Terkenal dengan satwa liarnya, Juneau adalah rumah bagi 280 spesies burung, beruang coklat dan hitam, lima spesies salmon, dan paus (terutama paus bungkuk dan orca).

5. Gletser

Turis yang datang punya satu kewajiban saat menginjakkan kaki ke Juneau, yaitu melihat gletser. Yang paling terkenal adalah Gletser Mendehall.

Di puncak pegunungan setempat terdapat hamparan es raksasa tempat sekitar 30 gletser mengalir. Kini turis dunia berbondong-bondong datang ke Junneau karena gletser mulai hilang karena pemanasan global.



Buntut Insiden Alaska Airlines, Tiga Pesawat Milik Lion Air Dilarang Terbang

Buntut Insiden Alaska Airlines, Tiga Pesawat Milik Lion Air Dilarang Terbang


(bnl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat