kubetno1.net

9 Tips Rahasia Packing untuk Traveling agar Muat Banyak

adv traveloka
Foto: Traveloka

Jakarta -

Liburan merupakan momen yang dinantikan banyak orang untuk melepaskan penat dan menikmati waktu bersama keluarga atau teman. Namun, seringkali momen packing menjadi salah satu bagian yang memusingkan. Mengatur barang bawaan agar semuanya bisa muat dalam koper atau tas tanpa meninggalkan hal penting memang membutuhkan strategi tersendiri.

Dalam artikel ini, akan memberikan berbagai tips praktis untuk membantumu memaksimalkan ruang dalam bagasi, sehingga kamu dapat membawa lebih banyak barang tanpa merasa terbebani. Mari kita mulai petualangan packing yang efisien dan menyenangkan!

Tips Praktis Packing agar Koper Muat Banyak

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut adalah beberapa tips praktis untuk membantumu memaksimalkan ruang dalam bagasi dan memastikan semua kebutuhanmu terakomodasi.

1.Pilih Tas yang Tepat

ADVERTISEMENT

Memilih tas yang tepat adalah langkah pertama yang sangat penting. Maskapai penerbangan kini semakin ketat dengan batasan berat dan dimensi untuk bagasi kabin, sehingga memilih tas yang tepat bisa membuat perbedaan besar. Pastikan tas kamu:

  • Mempermudah proses packing.
  • Mudah dibawa atau ditarik.
  • Memiliki beberapa kompartemen internal untuk mengorganisir barang-barang.
  • Cukup tahan lama untuk menahan goncangan perjalanan.

2. Buat Daftar Packing yang Terperinci

Membuat daftar packing yang terperinci dapat membantumu tetap fokus pada barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Daftar ini juga memastikanmu tidak melupakan apapun yang penting. Tulis semua yang kamu pikir akan diperlukan, seperti:

  • Pakaian: Jika dalam daftar kamu mencantumkan tiga kaos, maka bawa hanya tiga kaos.
  • Perlengkapan mandi: Batasi pada ukuran di bawah 100 ml per item.
  • Elektronik: Pilih yang kecil dan mudah dibawa.
  • Obat-obatan: Pertimbangkan untuk membawa tanpa kemasan berlebihan.

3. Bawa Pakaian yang Ringan, Cepat Kering, dan Serbaguna

Pakaian yang serbaguna adalah kunci untuk packing yang efisien. Bawalah beberapa item pakaian berkualitas tinggi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, daripada banyak pakaian untuk satu fungsi saja. Ini bukan hanya lebih baik untuk lingkungan, tetapi juga lebih baik untuk daftar packing dan budget kamu.

4. Batasi Jumlah Sepatu

Memilih sepatu yang akan dibawa bisa menjadi tantangan tersendiri. Pertimbangkan aktivitas yang akan kamu lakukan selama perjalanan dan pilih sepasang sepatu yang tepat. Kenakan sepatu terberatmu di pesawat untuk menghemat ruang di bagasi.

5. Manfaatkan Packing Cubes

Packing cubes adalah solusi ideal untuk mengatasi frustasi mencari barang di dalam tas. Dengan packing cubes, kamu tidak perlu mengaduk seluruh isi tas hanya untuk mencari sepasang kaos kaki. Saat keamanan bandara ingin memeriksa tasmu, kamu tidak perlu mengeluarkan semua barang. Packing cubes juga membantu memisahkan pakaian bersih dari pakaian kotor.

6. Hindari Packing 'Just in Case'

Teliti tempat tujuanmu, gaya berpakaian penduduk lokal, dan perkiraan cuaca. Tidak ada gunanya membawa jaket salju tebal jika tujuanmu adalah negara di Asia Tenggara. Semakin sedikit pakaian yang kamu bawa, semakin mudah untuk tetap berada dalam batasan bagasi kabin.

7. Kurangi Jumlah Barang Elektronik dan Kabel

Berat bagasi bisa bertambah dengan adanya terlalu banyak perangkat elektronik. Kecuali jika kamu bekerja saat bepergian, tinggalkan laptop besar adalah langkah yang bijak. Ponsel atau tablet bisa melakukan tugas yang sama. Jika kamu suka kamera SLR, ponsel mungkin tidak bisa menggantikan sepenuhnya, tetapi kamu bisa mengurangi beban dengan tidak membawa tripod.

8. Kenakan Barang Berat di Pesawat

Mengenakan rompi atau jaket, sepatu hiking, dan celana panjang nyaman daripada memasukkannya ke dalam tas kabin akan menghemat banyak ruang dan membantumu tetap di bawah batas berat maskapai.

Jika tidak ingin mengenakannya di pesawat, kamu bisa menggunakan jaket sebagai bantal atau memasukkannya ke dalam tas kabin setelah berada di dalam pesawat.

9. Pertimbangkan Aturan 1-2-3-4-5-6

Satu panduan umum adalah membawa satu topi, dua pasang sepatu, tiga bawahan, empat atasan, lima pasang kaus kaki, dan enam pasang pakaian dalam. Ini seharusnya cukup untuk dua minggu. Sesuaikan daftar ini dengan memasukkan pakaian renang, pakaian hujan, atau item spesifik lainnya, tergantung destinasimu. Biasakan memakai pakaian lebih dari sekali dan rencanakan untuk mencuci pakaian di perjalanan.

Promo Traveloka Tiba-Tiba EPIC Sale: Manfaatkan Diskon Besar untuk Liburan Kamu!

Dengan semua tips packing ini, kamu siap untuk memaksimalkan ruang dalam bagasi dan menikmati perjalanan yang lebih efisien. Namun, tidak hanya packing yang bisa kamu maksimalkan! Promo Traveloka yaitu Tiba-Tiba EPIC Sale hadir pada tanggal 20-30 Juni 2024. Promo ini menjadi kesempatan emas untuk menikmati diskon hingga 68% untuk tiket pesawat, hotel, dan produk Xperience. Dengan diskon besar-besaran ini, kamu bisa mewujudkan liburan impian ke luar negeri dengan lebih hemat.

adv traveloka

Jangan lewatkan juga EPIC Hour untuk mendapatkan diskon tambahan hingga 68% untuk liburan di dalam maupun luar negeri setiap hari selama tanggal 20-30 Juni pukul 18.00-21.00. Manfaatkan juga promo Extra EPIC Deals dan dapatkan diskon terbesar yakni diskon Hotel s.d. to 30% serta diskon Xperience s.d. 15% (S&K berlaku). Don't Worry No Rugi!

Jadi, siapkan dirimu dan jangan sampai ketinggalan kesempatan untuk menikmati liburan seru dan hemat bersama Traveloka!

(Content Promotion/Traveloka)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat