kubetno1.net

300 Ribu Turis Indonesia Ditargetkan Liburan ke Korea Selatan di 2024

Hallyu Korea Festival 2024
Foto: Hallyu Korea Festival 2024 (Muhammad Lugas Pribady/detikTravel)

Jakarta -

Pasca pandemi Covid-19, sektor pariwisata lambat laun mulai pulih. Sebanyak 300 ribu turis dari Indonesia ditargetkan liburan ke Korea Selatan di tahun 2024.

Dengan berbagai upaya dan cara, masing-masing negara berlomba untuk menggaet wisatawan. Tak terkecuali Korea Selatan, salah satu destinasi wisata yang kerap dijadikan pilihan oleh para pelancong dari berbagai dunia.

Sebelum Covid-19 melanda, wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan mencapai angka 278 ribu orang. Korea Tourism Organization (KTO), badan yang mempromosikan wisata Korea Selatan pun menetapkan target kunjungan untuk tahun 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Direktur KTO Jakarta, Kim Jisun mengatakan pihaknya tak mau mengambil target yang terlalu jauh di tahun ini. Capaian utamanya adalah mampu melampaui target wisatawan di tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19.

"Sebetulnya untuk tahun ini pasti kita punya target setiap tahunnya, untuk tahun 2024 ini kita punya target yang mungkin agak kecil dulu yaitu adalah melampaui jumlah wisatawan Indonesia ke Korea Selatan di tahun 2019 yang mana itu sebelum pandemi, pada saat itu ada 278 ribu orang yang ke Korea Selatan," katanya dalam kegiatan Hallyu Korea Festival, di Lotte Mall Jakarta, Kamis (11/7/2024).

ADVERTISEMENT

"Jadi mungkin di tahun 2024 ini kita agak pengen lebih melewati angka tersebut, nah selain itu kita juga pengen sebetulnya ini target kita udah dari lama kita pengen sekitar 300 ribu wisatawan (Indonesia) itu tuh untuk datang ke Korea Selatan di tahun 2024, semoga itu bisa tercapai," lanjut Kim.

Dalam upaya menggenjot pertumbuhan wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan pasca Covid-19, berbagai destinasi di Korea Selatan mulai mereka suguhkan untuk menarik wisatawan dari Indonesia.

Blue House Korea Selatan Dibuka untuk Umum Pertama Kali dalam 74 tahunBlue House Korea Selatan Dibuka untuk Umum Pertama Kali dalam 74 tahun Foto: DW (News)

Di tahun ini terdapat beberapa destinasi yang mulai mereka gaungkan dan salah satunya adalah Cheong Wa Dae atau Blue House yang dulunya merupakan Istana Kepresidenan Korea Selatan yang kini dibuka untuk umum sejak tahun 2022.

Kim juga memaparkan, dari hasil data yang pihaknya miliki, dalam periode Januari hingga Mei tahun ini jumlah kunjungan wisatawan Indonesia yang datang ke Korea Selatan sudah berada di angka 135 ribu wisatawan.

Capaian tersebut meningkat 20% dari tahun 2019 dengan rentang periode yang sama.

"Karena sebetulnya berdasarkan analisa kita, kita juga punya data yaitu dari bulan Januari sampai Mei 2024 itu ita ada sekitar 135 ribu wisatawan Indonesia yang ke Korea Selatan dan itu sebetulnya sudah pulih atau bahkan meningkat 20 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2019. Jadi kita berharapnya di akhir tahun 2024 tercapai gitu 300 ribu wisatawan," terangnya.

Hallyu Korea Festival 2024Novi Nursyahbani dan Kim Jisun Foto: Muhammad Lugas Pribady/

PR & Media Executive KTO, Novi Nursyahbani menambahkan, kunjungan wisatawan Indonesia ke Korea Selatan itu selalu masuk ke dalam 10 terbesar.

Menurutnya, dengan banyak penggemar K-drama atau K-pop di Indonesia menjadi alasan banyaknya wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan, karena penasaran ingin melihat negara tersebut secara langsung.

"Jadi sebetulnya data itu berubah-ubah terus setiap bulannya ya, tapi Indonesia itu sebetulnya tahun ini selalu masuk top ten, kadang bisa di posisi delapan, sembilan, sepuluh gitu, dari dulu sebelum pandemi pun kita selalu masuk top ten," ujar Novi.

"Sebetulnya Indonesia memang selalu lebih dikenal di Korea Selatan karena jadi salah satu pasar terbesarnya Korea Selatan juga kan, makanya kita selalu masuk ke top ten gitu," pungkas Novi.



Potret NewJeans saat Dinobatkan Jadi Duta Kehormatan Pariwisata Korsel

Potret NewJeans saat Dinobatkan Jadi Duta Kehormatan Pariwisata Korsel


(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat