kubetno1.net

Library Date, Cara Asyik Gen Z Nikmati Perpustakaan Jakarta

Library Date di Perpustakaan Jakarta
Foto: Perpustakaan Jakarta (Muhammad Lugas Pribady/detikTravel)

Jakarta -

Library date lazim dilakukan Gen Z. Salah satu tempat favorit yang mereka tuju adalah Perpustakaan Jakarta.

Perpustakaan memang sudah semestinya bisa dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Banyak perpustakaan di Jakarta bisa jadi pilihan masyarakat tak hanya sekadar mengerjakan tugas atau 'numpang' work from anywhere, tapi juga jadi tempat tujuan untuk mengisi waktu kosong untuk membaca buku.

Perpustakaan Jakarta jadi perpustakaan yang banyak dikunjungi oleh muda-mudi mulai dari pelajar SD hingga mahasiswa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kala berkunjung pada Rabu (10/7/2024) suasana perpustakaan yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki itu relatif banyak pengunjung.

Ada yang memang datang untuk mengerjakan tugas, bekerja, atau hanya untuk membaca buku. Berbagai kegiatan mereka lakukan di tempat ini, bahkan dari pantau saat berada di sana adapun yang mengabadikan foto di antara rak-rak buku.

ADVERTISEMENT

Library Date di Perpustakaan JakartaPerpustakaan Jakarta (Muhammad Lugas Pribady/)

Ya, selain memiliki koleksi buku yang bervariasi, Perpustakaan Jakarta juga begitu estetik, pas buat berfoto dan menambah postingan feed di media sosial. Bangunan yang luas dan beberapa spot yang ciamik memang sulit di gedung itu sungguh sulit diabaikan.

Di antara pengunjung yang tekun membaca salah satu buku terlihat sepasang muda-mudi yang tengah asyik berbincang. Ketika ditanya, mereka memang memilih perpustakaan itu sebagai tujuan untuk destinasi kencan mereka.

"Ya pengen ada suasana yang beda aja gitu, nggak melulu harus ke kafe kan atau nonton bioskop, atau ke mall juga. Milih ke sini juga karena pengen suasana baru aja gitu," kata Andri.

Library date itu tidak menghalangi mereka berbincang-bincang. Mereka tetap ngobrol, namun dengan suara pelan.

Mereka sesekali mengambil pindah tempat untuk mengambil buku atau novel atau majalah. Saat memegang buku, mereka juga bisa saling cuek, masing-masing menyimak isi buku yang dipilih.

Kemudian beranjak dari tempat Andri dan pasangannya itu duduk, di area lain juga banyak pengunjung yang sekira berusia belasan atau awal 20-an tengah asyik membaca buku.

Library Date di Perpustakaan JakartaPerpustakaan Jakarta (Muhammad Lugas Pribady/)

Selain bangunan yang baru dan estetik, Perpustakaan Jakarta juga memiliki koleksi buku yang komplet, mulai dari novel, sastra, hingga buku-buku pelajaran ada di sana.

Asyiknya lagi, tak ada pungutan biaya untuk bisa masuk ke perpustakaan Jakarta. Pengunjung hanya perlu melakukan registrasi ketika masuk area perpustakaan. Selain itu, Perpustakaan Jakarta memberikan Wifi gratis, yang secara kualitas juga nggak kaleng-kaleng.

Pengunjung lainnya yang rela menyempatkan datang ke sini adalah Dinda. Dia datang dari Tambun, Bekasi.

Dinda memang sejak dari rumah berniat untuk sekadar membaca buku dan nongkrong di Perpustakaan Jakarta. Bersama satu temannya ia biasa menghabiskan waktu di sini karena memang dirinya yang gemar membaca.

"Karena aku suka ke perpustakaan juga ya jadi aku suka nyari-nyari perpustakaan lain, aku juga suka baca buku atau ke galeri-galeri gitu. Berkunjung ke sini sekalian hangout juga di sekitar sini," kata dia.

Library Date di Perpustakaan JakartaPerpustakaan Jakarta (Muhammad Lugas Pribady/)

Tak hanya untuk bekerja dan mengerjakan tugas sekolah, pengunjung yang datang ke Perpustakaan Jakarta karena ada beragam aktivitas.

Untuk jam operasional Perpustakaan Jakarta ini, mulai buka sedari jam 09.00 - 17.00 WIB pada Senin sampai Kamis dan Jumat hingga Minggu jam buka perpustakaan dari 09.00 - 20.00 WIB.



Pemuda di Jambi Bunuh Teman Kencan Gegara Tak Puas 'Dilayani'

Pemuda di Jambi Bunuh Teman Kencan Gegara Tak Puas 'Dilayani'


(wsw/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat