kubetno1.net

Pulau Ini Patut Dicontoh, Warga Larang Turis Bawa Wadah Plastik

Ilustrasi Sampah Plastik
Ilustrasi sampah plastik (shutterstock)

Bangkok -

Kepulauan Koh Nang Yuan patut diacungi jempol. Pulau wisata di Thailand Selatan itu melarang turis asing untuk membawa wadah plastik dan styrofoam.

Dilansir dari VN Express pada Kamis (11/7/2024), warga Koh Nang Yuang memang memiliki tradisi membatasi pengunjung menggunakan wadah atau bungkus plastik apapun selama bertahun-tahun, terutama wadah plastik sekali pakai. Bahkan, tidak ada yang boleh membawa botol air ke pulau itu, kecuali botol tersebut dapat didaur ulang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wisatawan juga wajib mematuhi peraturan itu. Warga lokal Koh Nang Yuang bertekad baik masyarakat atau pun turis sama-sama menjaga kelestarian lingkungan alam. Langkah itu dilakukan sekaligus sebagai cara untuk menjaga terumbu karang.

ADVERTISEMENT

Selama menginap, pengunjung akan diberi air kemasan kaca, bukan botol plastik. Wisatawan bakal mendapatkan instruksi khusus untuk mengembalikan botol kaca itu jika sudah tidak digunakan lagi. Mereka juga diimbau untuk menggunakan air secara hemat.

Koh Nang Yuang terdiri dari tiga pulau kecil yang memiliki pasir putih. Pulau itu merupakan spot diving yang bagus untuk melihat terumbu karang.

Saat puncak musim turis, Koh Nang Yuan menarik ribuan wisatawan setiap hari, kebanyakan dari mereka adalah wisatawan asing yang ingin menyelam untuk melihat karang dan merekam pemandangan indah di bawah air.

Sebelumnya, terumbu karang di Pulau Nang Yuan banyak terkena dampak Topan Gay pada November 1989 dan fenomena El Nino pada 1990-an.

Pemulihan terumbu karang terjadi pada tahun-tahun berikutnya. Berkat antusiasme masyarakat di pulau tersebut serta para pelaku bisnis lokal, terutama efektivitas larangan penggunaan barang plastik sekali pakai, pengolahan sampah di pulau tersebut telah sangat dipermudah, dan terumbu karang perairan dangkal dan dalam di sana telah membaik.



Thailand Tetapkan Ganja Jadi Obat Terlarang Mulai 1 Januari 2025

Thailand Tetapkan Ganja Jadi Obat Terlarang Mulai 1 Januari 2025


(bnl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat