kubetno1.net

Hotel di Jakarta Mulai Khawatir Efek Ibu Kota Pindah ke IKN

Ilustrasi kamar hotel di malam hari
Ilustrasi hotel Foto: Getty Images/iStockphoto/webphotographeer

Jakarta -

Pengusaha hotel mulai mengkhawatirkan perpindahan ibu kota ke IKN di Kalimantan Timur. Pengusaha hotel menyebut ada potensi turunnya okupansi hotel yang terletak di Jakarta.

Kontribusi pasar terbesar untuk usaha perhotelan ialah dari kegiatan pemerintah. Sementara jika ibu kota berpindah dari Jakarta ke IKN, maka potensi pasar untuk daerah Jakarta pun akan ikut pindah.

"Kontribusi pasar yang terbesar itu umumnya adalah dari kegiatan-kegiatan pemerintah. Kemudian DKI Jakarta itu mereka biasanya merupakan ibu kota negara. Nah kalau ibu kota negaranya itu pindah, otomatis ada yang hilang dong pasarnya. Kegiatan (pemerintahan di Jakarta) pasti akan berkurang kan?" kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran seperti dilansir CNBC Indonesia, Rabu (10/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, apakah bisnis hotel di Jakarta akan drop seiring dengan pindahnya ibu kota ke IKN?

Maulana mengatakan, bisnis hotel di Jakarta tentu akan drop bila tidak diantisipasi dengan baik. Karena, di mana biasanya Jakarta memiliki dua pemerintahan, yakni pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dengan berpindahnya pemerintah pusat ke IKN, maka hanya tinggal kegiatan pemerintah daerah saja yang akan jadi salah satu penopang bisnis perhotelan di Jakarta.

ADVERTISEMENT

"Kalau potensi pasarnya hilang atau berpindah ke daerah lain, tentu akan drop. Contohnya saja sekarang, pemerintah fokus dengan berbagai kegiatannya di satu daerah, seperti fokus mengembangkan IKN. Itu saja sudah bisa terlihat pergeseran peningkatan okupansi, yang misal selama ini daerah itu terjadi peningkatan okupansi cukup tinggi, justru sekarang malah Kalimantan Timur yang tertinggi secara nasional," jelasnya.

Menurutnya, di mana kegiatan pemerintah pusat berfokus, maka daerah itu akan memiliki okupansi hotel yang tinggi. "Nah, saat ini okupansi tertinggi itu ada di Kalimantan Timur, karena IKN itu berada di sana. Pemerintah lagi fokus untuk membangun serta mengembangkan IKN sendiri yang ada di Kalimantan Timur," lanjut dia.

Baca selengkapnya di sini:

Dari pantauan sendiri, saat ini untuk hotel-hotel di jalan-jalan protokol di Jakarta, okupansi hotel memang tergolong tinggi terutama saat weekdays. Di hari kerja okupansi hotel bisa mencapai 90 persen lebih. Kontribusinya memang kalangan pemerintahan dan korporat. Banyak instansi yang melakukan pertemuan dan menginap di hotel-hotel ini.



Protes Ribuan Warga Atas Proyek Bangun Hotel di Canary Spanyol

Protes Ribuan Warga Atas Proyek Bangun Hotel di Canary Spanyol


(ddn/ddn)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat