kubetno1.net

Nekat Mau Foto Anak Gajah, Turis Mati Terinjak-injak

African Elephants on the Masai Mara, Kenya, Africa
Ilustrasi gajah (Getty Images/Andrew Linscott)

Jakarta -

Seorang turis celaka saat mengikuti tur di Taman Nasional Pilanesberg, Afrika Selatan. Dia nekat turun dari mobil dan menuai petaka.

Dilansir dari The Guardian pada (10/7) turis itu berasal dari Spanyol. Saat tur dengan kendaraan bersama turis-turis lain, mereka beruntung berjumpa dengan sekelompok gajah, induk dan tiga anak gajah.

Turis itu tampaknya tidak puas melihat dari atas mobil. Dia dua temannya memutuskan untuk turun dari kendaraan tur untuk mengambil foto dengan jarak yang lebih dekat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Meskipun ada peringatan dari sesama penumpang, dan penumpang dari dua kendaraan lain yang melihat penampakan tersebut, sayangnya dia tidak mengindahkan peringatan mereka," kata dewan taman dan pariwisata provinsi North West dalam sebuah pernyataan.

Seekor gajah dewasa terlihat tidak nyaman dengan kehadiran si turis. Ia kemudian menyerang si turis dengan agresif.

ADVERTISEMENT

"Sayangnya dia tidak dapat melarikan diri atau menghindari gajah tersebut, kawanannya bergabung, ia terperangkap dan diinjak-injak hingga mati," keterangan yang disampaikan.

Dewan taman nasional mengatakan gajah-gajah tersebut kemudian menjauh tanpa menunjukkan agresi apa pun terhadap penumpang lainnya.

Pieter Nel, kepala petugas konservasi di dewan tersebut, mengatakan kepada AFP, bahwa ibu yang memimpin kawanan tersebut menyerang setelah menjadi gelisah dengan tindakan pria tersebut.

"Banyak wisatawan tidak menyadari bahayanya dan tidak menyadari betapa berbahayanya hewan-hewan ini," kata Nel.

Dewan mengatakan sifat hewan liar yang berbahaya dan tidak dapat diprediksi selalu dijelaskan kepada pengunjung.

"Wisatawan akan selalu diberitahu tentang pentingnya tetap menjaga keselamatan kendaraan, menghormati jarak antara kendaraan dan hewan dan mengizinkan mereka melintas terlebih dahulu, dan hanya turun di area yang ditentukan secara khusus," pernyataan ditambahkan.

Dewan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman korban, dengan mengatakan sangat sedih atas kejadian tragis ini.

Serangan gajah tidak jarang terjadi di wilayah tersebut. Pada tahun 2021, seorang tersangka pemburu liar dibunuh oleh gajah di taman nasional Kruger.

Tahun lalu 50 orang terbunuh dan 85 terluka oleh binatang liar di negara tetangga Zimbabwe, yang mana kebanyakan penyerangan dari gajah, menurut pihak berwenang setempat.

Kementerian Luar Negeri Spanyol telah dihubungi untuk memberikan komentar. Menurut laporan, korban berasal dari kota Zaragoza di wilayah timur laut Aragón. Perwakilan pemerintah pusat di wilayah tersebut mengatakan kepada La Vanguardia bahwa staf konsuler sedang melakukan perjalanan ke lokasi kecelakaan untuk mengambil jenazah pria tersebut dan memulangkannya.



Momen Gajah Sirkus Berkeliaran di Jalanan Montana AS

Momen Gajah Sirkus Berkeliaran di Jalanan Montana AS


(bnl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat