kubetno1.net

Hore! Perpustakaan Jakarta Punya Beragam Acara untuk Anak-anak Pas Libur Sekolah

Mengenalkan literasi kepada anak sedari dini merupakan upaya mendorong anak untuk gemar membaca. Hal itu nantinya akan menumbuhkan hal-hal positif lainnya lagi.
Perpustakaan Jakarta bikin beragam acara untuk anak-anak saat libur sekolah. (Muhammad Lugas Pribady/)

Jakarta -

Perpustakaan Jakarta bikin acara spesial selama liburan sekolah. Pengelola menyebut agenda itu menjadi arena mengenalkan literasi kepada anak sejak dini.

Acara itu diberi tajuk 'Liburan Sekolah di Perpustakaan Jakarta'. Beragam aktivitas menyenangkan dan berhubungan dengan buku dibuat.

"Tujuannya pertama untuk menarik para warga-warga sekitar kayak anak-anak itu tahu nih kalau kita di Jakarta punya wadah untuk beraktivitas membaca literasi terutama itu di perpustakaan," kata Staf Layanan Anak Perpustakaan Jakarta, Boy, dalam perbincangan dengan di Perpustakaan Jakarta, Cikini, Jakarta Pusat Senin (8/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi dari kegiatan ini pun benar-benar narik warga-warga nih jadi karena kita kan share di sosial media ya itu tuh mereka datang ke sini benar-benar ngeliat 'wah ada acara, acaranya di perpustakaan itu nggak cuma membaca ada yang lain-lain'," ujar dia.

"Kita bisa ngegaet masyarakat buat nikmatin fasilitas yang punya Pemerintah DKI Jakarta dan gratis pula," dia menambahkan.

ADVERTISEMENT

Di hari Senin itu, anak-anak dibacakan cerita dongeng oleh pihak dari perpustakaan. Boy menyebut anak-anak sangat antusias mengikuti acara itu.

Boy menyebut tidak hanya anak-anak yang gembira, tetapi orang tua juga turut bersuka cita dengan acara itu.

'Liburan Sekolah di Perpustakaan Jakarta ini sudah digelar sejak dua minggu lalu dan akan berakhir pada 14 Juli. Namun, Boy mengatakan ke depannya kegiatan serupa seperti ini akan digelar dua kali dalam satu minggu.

"Adanya itu mulai dari minggu lalu hari Senin, nah itu berjalan dua minggu sampai tanggal 14 Juli. Jadi sebenarnya ada (pemateri) dari luar juga tapi karena cuma ada dua kegiatan aja dan dongen dua-duanya. Nah sisanya tuh kita yang mengisi, ke depannya bakal diterapin seminggunya itu ada dua kali kemungkinan di hari Kamis dan Sabtu," ujarnya.

Selain kegiatan Read Aloud ada banyak kegiatan lainnya hingga 14 Juli, di antaranya dongeng, games, meronce, menggambar, melukis hingga mini tour Perpustakaan Jakarta. Dan biasanya peserta anak-anak yang mengikuti kegiatan 'Liburan Sekolah di Perpustakaan Jakarta' menampung hingga 50 anak-anak.

Untuk kamu orang tua yang ingin mengajak putra-putri mengikuti kegiatan ini, bisa cek langsung laman resmi mereka di https://perpustakaan.jakarta.go.id untuk menentukan kegiatan mana yang akan dikunjungi. Dan untuk jam kegiatan 'Liburan Sekolah di Perpustakaan Jakarta' digelar pada jam 14.00 - 15.00 WIB.

Salah satu orang tua yang mengajak putrinya datang dalam kegiatan ini adalah Yanti. Dia datang bersama sang anak serta suami dan kedua keponakannya. Mereka senang untuk datang ke perpustakaan.

Menurut Yanti mengajak anak-anak ke perpustakaan merupakan liburan yang bermanfaat karena bisa mengisi waktu luang anak dengan kegiatan yang lebih berisi.

"Tujuan saya ajak anak-anak liburan ke Perpustakaan Jakarta ya untuk mengisi liburan mereka aja lebih berbobot, lebih berisi aja ketimbang hanya bermain. Dan untuk pengalaman mereka juga, untuk mengetahui Taman Ismail Marzuki juga, dan untuk mengenal buku-buku yang selama ini terbatas yang kita punya di rumah jadi supaya lebih lengkap kita ajak ke perpustakaan," kata Yanti.

Yanti juga mengatakan kedatangannya ke Perpustakaan Jakarta juga memang telah mengincar kegiatan 'Liburan Sekolah di Perpustakaan Jakarta' yang ia ketahui melalui media sosial. Dari yang ia lihat respon sang anak begitu senang, terlebih ketika mendapatkan pengalaman baru dan teman-teman baru.

"Sengaja karena kita lihat iklannya di Instagram ya jadi kayaknya menarik gitu untuk ajak anak ke sini. (Anak-anak) happy banget sih tadi dia kayak merasa ada teman baru, pengalaman baru, dan walaupun kita sering bacain cerita tapi beda ya vibesnya juga beda," ujar Yanti.



4 Rekomendasi Wisata di Marunda

4 Rekomendasi Wisata di Marunda


(fem/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat