kubetno1.net

Aneh! Berencana ke Paris, Turis Salah Pesawat Mendarat di Spanyol

Pengawasan penumpang pesawat dari China melalui Bandara Soekarno-Hatta diperketat. Ini menyusul adanya virus Corona yang bermula dari Kota Wuhan, China.
Ilustrasi turis di bandara. (Rifkianto Nugroho/)

Jakarta -

Kejadian mengherankan menimpa pelancong. Niat hati menuju Prancis, ia malah naik pesawat yang menuju Spanyol.

Melansir NZherald, Jumat (5/7/2024), kejadian itu dialami traveler wanita Jem Maybank (30) asal Yorkshire. Ia tiba di Bandara Leeds Bradford pada Sabtu (22/6) dan bersiap untuk perjalanannya menuju Bandara Beauvais di Paris, Prancis.

Namun, alih-alih terbang ke kota paling terkenal di Prancis itu, ia justru tiba di Spanyol. Jem sempat mengalami kebingungan sesaat sebelum terbang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya mengalami sedikit kesibukan liburan yang gila. Saya sedang mencari pintu gerbang ke Paris Beauvais. Saya lihat itu gerbang 6 atau semacamnya, tapi dari kejauhan," kata dia.

Ia menuju dan melanjutkan perjalanan melalui gerbang yang salah. Anehnya, ia dapat melaluinya tanpa masalah. Bahkan, boarding pass-nya dapat lolos dari pemeriksaan oleh petugas.

ADVERTISEMENT

"Staf memindai boarding pass saya, kode QR, dan mereka membacanya. Mereka membiarkan saya langsung melewati gerbang," katanya kepada Daily Mail.

Ia baru menyadari keanehan itu saat ia pertama kali naik ke pesawat. Ia tidak menemukan kursi yang dipesannya yakni kursi 34A.

"Saya menempati kursi 34A dan ternyata kursi itu tidak ada. Saya menunjukkannya kepada anggota awak kabin, dan saya berkata, 'Bisakah Anda membantu saya karena saya tidak punya tempat duduk'," kata dia.

Namun, awak kabin meyakinkannya bahwa tidak sinkron tiket dan kursi kerap terjadi saat maskapai mengganti pesawat. Dan masalah pun diatasi, lalu ia melanjutkan perjalanannya dengan duduk di kursi yang telah diinstruksikan.

Jem yang tak memiliki kecurigaan apapun terhadap penerbangannya membuatnya tidak mendengar pengumuman di awal penerbangan. Ia baru saja bingung setelah penerbangan berlangsung dua kali lebih lama dari yang diperkirakan. Tetapi ia tak langsung curiga, ia hanya beranggapan mungkin itu karena turbulensi dan karena ia tertidur tak lama setelah lepas landas.

"Saya tidak dapat mendengar pengumuman. Mereka pasti mengatakan 'penerbangan ini menuju Alicante' tapi saya tidak mendengarnya," ujarnya.

Setelah melihat pemandangan pohon-pohon palem dan beberapa gunung, ia mulai khawatir dan curiga terhadap penerbangannya. Ia menyadari bahwa ia tidak sedang menuju ke Paris.

Setelah mendarat, ia pun menanyakan hal itu ke kru Ryanair. Staf pun kebingungan dengan kejadian itu, dengan cepat mereka mengatur agar Jem bisa menaiki pesawat berikutnya yang menuju Paris. Beruntung, penerbangan itu disediakan gratis sebagai kompensasi.

"Staf tersebut berkata, 'bagaimana bisa Anda tidak menyadarinya? Staf benar-benar bingung, dan mereka mengatakan bahwa hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya," kata Jem.

Jem pun masih heran dan menduga itu karena kesalahannya saat membaca gate 6 sebagai gate 8.

"Saya tidak tahu bagaimana hal ini bisa terjadi. Mungkin nomor gerbangnya berubah ketika saya sedang menunggu. Angka 6 terlihat sangat mirip dengan angka 8 dari kejauhan, jadi saya pikir itulah yang terjadi," dia menambahkan.

Insiden itu pun mendapatkan respons dari pihak maskapai. Ryanair mengeluarkan pernyataan melalui juru bicaranya. Mereka mengonfirmasi kejadian aneh itu.

"Ada beberapa titik kontak yang menginformasikan penumpang tentang tujuan pesawat, termasuk papan petunjuk di pintu gerbang dan pengumuman sebelum setiap keberangkatan penerbangan," maskapai mengimbau.

"Setibanya di Alicante, penumpang ini memberi tahu kru pesawat bahwa mereka berada di penerbangan yang salah dan Ryanair segera mengatur agar penumpang tersebut dapat ditampung kembali di penerbangan berikutnya yang tersedia ke Paris, yang dijadwalkan berangkat dari Alicante pada hari yang sama," keterangan maskapai.



Maskapai BARK Air Luncurkan Penerbangan Ramah Anjing

Maskapai BARK Air Luncurkan Penerbangan Ramah Anjing


(wkn/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat