kubetno1.net

Pesawat Kendala Teknis, Garuda Siapkan Pesawat Pengganti Jemput Jemaah Haji

Jemaah umrah bersiap ke Jeddah, Arab Saudi melalui bandara YIA, Kabupaten Kulon Progo, DIY, Sabtu (12/8/2023).
Pesawat Garuda Indonesia. (dok. Humas YIA)

Jakarta -

Pesawat Garuda GA-6239 mesti kembali ke bandara karena kendala teknis. Garuda pastikan kesiapan pesawat pengganti untuk memulangkan jemaah Haji.

Pesawat Airbus 330-300 yang digunakan dalam penerbangan untuk melayani penerbangan haji tahun ini dengan rute Solo - Jeddah mengalami kendala teknis. Kendala terjadi pada salah satu mesin pesawat yang membuat penerbangan mesti Return to Base (RTB) atau kembali ke bandara untuk pengecekan dan tindak lanjut prosedur perawatan armada.

Adapun penerbangan itu sedianya akan mengangkut sebanyak 14 awak pesawat yang terdiri dari 11 awak kabin dan 3 cockpit crew. Dikabarkan tidak terdapat penumpang lain selain awak pesawat yang bertugas pada penerbangan kala itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pesawat itu awalnya dipersiapkan untuk melayani penerbangan dari Jeddah pada fase pemulangan jemaah haji Indonesia menuju Tanah Air.

Pihak Garuda menjelaskan, penerbangan GA-6239 itu berangkat dari Solo setelah menjalani prosedur inspeksi pesawat rutin dari pihak lessor maupun tim terkait. Sesaat pesawat lepas landas, Pilot in Command (PIC) menemukan adanya indikator cockpit yang menunjukkan kondisi salah satu mesin pesawat yang memerlukan pengecekan. Itu membuat PIC memutuskan untuk melakukan prosedur RTB ke Solo.

ADVERTISEMENT

Pesawat dengan nomor registrasi T7-MM itu telah kembali ke Bandara Adi Sumarmo, Solo, pada pukul 21.07 WIB. Awak pesawat pun melakukan proses disembark sesuai dengan ketentuan prosedur keamanan yang berlaku.

Pihak maskapai mengaku telah berkoordinasi dengan otoritas penerbangan terkait. Itu demi memastikan tindak lanjut penanganan pesawat, termasuk prosedur penarikan pesawat menuju parking stand. Hal itu guna memastikan tidak ada dampak operasional dari terjadinya insiden itu.

Lebih lanjut, Garuda Indonesia menyebut pihaknya mengoperasikan pesawat pengganti guna melayani pemulangan para jemaah haji dari Jeddah.

"Kami tentunya memastikan bahwa kesiapan pesawat pengganti telah melalui serangkaian prosedur inspeksi kelaikan armada secara menyeluruh sebelum diterbangkan kembali menuju Jeddah pada dini hari, Rabu (3/7)," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, pada keterangannya.

"Sejalan dengan komitmen kami untuk senantiasa mengedepankan aspek safety pada seluruh layanan penerbangan," sambung Irfan.



Penjelasan Garuda soal Pesawat Penjemput Jemaah Haji Putar Balik ke Solo

Penjelasan Garuda soal Pesawat Penjemput Jemaah Haji Putar Balik ke Solo


(wkn/wkn)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat