kubetno1.net

Fakta-fakta KLM, Maskapai yang Diomelin Ridwan Kamil

Ridwan Kamil ngomel soal layanan KLM Royal Dutch
KLM Royal Dutch (Instagram/Ridwan Kamil)

Jakarta -

Pagi ini Ridwan Kamil (RK) marah-marah di akun Instagram gegara maskapai KLM Royal Dutch Airlines. Berikut fakta tentang maskapai berbasis di Belanda itu.

Lewat postingannya, mengungkapkan kekecewaannya terhadap layanan KLM Royal Dutch Airlines. Ia dan keluarga mengaku sering menggunakan maskapai ini saat bepergian ke luar negeri.

Sayangnya, layanan KLM Royal Dutch disebut tidak memuaskan. Barang bawaan RK dan keluarga kerap tertinggal di Amsterdam, padahal mereka sudah sampai di bandara tujuan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bukan cuma sehari-dua hari, koper itu tidak ada kabar sampai seminggu. RK pun mengaku pernah bertengkar dengan layanan costumer karena masalah ini.

Berikut Fakta-fakta KLM Royal Ducth:

1. Maskapai tertua dunia

Maskapai Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM), maskapai terkemuka asal Belanda, yang dinobatkan sebagai yang tertua di dunia. KLM Royal Dutch Airlines atau biasa disebut KLM didirikan pada 1919.

ADVERTISEMENT

Pada 2019, KLM merayahan ulang tahun operasional seabad. Dan, hanya maskapai itu yang mencapainya.

2. KLM pernah terbang ke Batavia

Pada 16 Juli 1928, KLM mendirikan maskapai anak perusahaan bernama Koninklijke Nederlandsch Indische Luchtvaart Maatschappij (KNILM), yang bertugas untuk melakukan penerbangan reguler dari Belanda ke Batavia, kota yang sekarang dikenal sebagai Jakarta, Indonesia.

Kala itu, Belanda masih menjajah Indonesia. Pada September 1929, resmi diumumkan penerbangan terjadwal Amsterdam dan Batavia. Hingga meletusnya Perang Dunia II, penerbangan itu menjadi penerbangan terjadwal terjauh di dunia menempuh jarak sekitar 14.000 kilometer.

3. KLM masuk dalam SkyTeam

Setelah Perang Dunia II berakhir pada bulan Agustus 1945, KLM pun segera membangun ulang jaringannya. KNILM bergabung dengan maskapai dan kembali memfokuskan operasi di kawasan Eropa.

Selanjutnya pada 2004, maskapai KLM bergabung dengan SkyTeam, yang merupakan aliansi maskapai penerbangan Internasional ternama di Eropa. Maskapai KLM kemudian diakuisisi oleh Air France dan membentuk nama perusahaan baru Air France KLM.

Namun, maskapai KLM maupun Air France sekarang beroperasi melalui skema perusahaan terpisah, yang tetap mempertahankan logo dan pusat komando penerbangan masing-masing.

4. Bahan bakar ramah lingkungan

KLM tidak hanya menjadi pelopor dalam hal penerbangan, tetapi juga dalam bahan bakar ramah lingkungan. Maskapai itu berinovasi dengan bahan bakar kerosin sintesis.

Bahan bakar tersebut dibuat dari 500 liter kerosin sintesis (132 galon), karbon dioksida, air, dan sumber energi terbarukan, yang diklaim dapat mengurangi emisi rumah kaca dari penerbangan.

5. Destinasi

Saat ini, KLM masih terbang ke Jakarta dan Denpasar, tetapi dengan pesawat yang lebih modern dan cepat. Maskapai itu juga melayani 164 destinasi internasional di 63 negara mulai Maret 2024, beberapa negara di antaranya juga dari Asia Tenggara, seperti Philipina, Thailand dan Singapura.



Saat Kaesang Sebut Sekjen PKS Berbohong soal Penawaran Jokowi

Saat Kaesang Sebut Sekjen PKS Berbohong soal Penawaran Jokowi


(bnl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat