kubetno1.net

1 Hari Jelajahi 4 Pulau di Kepulauan Seribu

Pemandangan di Kepulauan Seribu
Pemandangan di Kepulauan Seribu (Muhammad Lugas Pribady/)

Daftar Isi
  • 1. Pulau Macan
  • 2. Pulau Putri
  • 3. Pulau Genteng Kecil
  • 4. Pulau Gosong Sekati
Jakarta -

Kepulauan Seribu bisa menjadi destinasi wisata pilihan untuk long weekend. Traveler bisa menjelajahi empat pulau pada satu hari.

Terdapat kurang lebih 113 pulau yang berada dalam wilayah tersebut dan 11 di antaranya merupakan pulau berpenghuni. Jarak dari Kota Jakarta yang bisa dibilang tak terlalu jauh ini bisa jadi destinasi yang perlu dicoba untuk menyaksikan keindahan alam secara langsung.

dalam mendapat kesempatan yang indah untuk merasakan surga yang terpencar di wilayah Jakarta ini, Selasa (11/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Pulau Macan

Destinasi pulau pertama yang dikunjungi adalah Pulau Macan. Berangkat dari Dermaga 16 Pantai Marina Ancol sekitar pukul 7.30 WIB, butuh waktu sekiranya satu hingga satu jam setengah perjalanan untuk bisa sampai di pulau ini.

Sudah tak aneh lagi Pulau Macan jadi pilihan tempat berlibur yang tak perlu jauh-jauh dari Jakarta. Destinasi itu juga kerap dijadikan tempat untuk berbulan madu, saat menjajaki Pulau Macan nuansa romantis langsung menyambut dengan syahdu.

ADVERTISEMENT

Walaupun hujan datang saat sampai pulau ini, nyatanya cuaca yang tiba-tiba berubah itu tak membuat hati menjadi kelabu. Malah hujan memberikan kesan yang tak terlupakan saat berada di pulau ini. Dengan deburan ombak dan rintik hujan semakin membuat intim jika berada di pulau ini dengan pasangan.

Fasilitas di pulau ini juga sangat memadai, terdapat berbagai pilihan villa yang bisa pengunjung pilih untuk jadi tempat singgah selama di Pulau Macan. Selain itu pemandangan lautan sudah pasti jadi daya tarik untuk pulau-pulau di Kepulauan Seribu ini.

Tak kalah dengan gugusan pulau di Maladewa, Kepulauan Seribu merupakan copy paste dari keindahan Maladewa bahkan lebih indah dan pastinya tak perlu waktu lama dari ibu kota. Luas Pulau Macan ini 0,82 hektar, pengunjung bisa berkeliling pulau cukup dengan berjalan kaki saja sembari menikmati pepohonan dan laut.

2. Pulau Putri

Setelah selesai menikmati Pulau Macan, kembali melakukan perjalanan menggunakan speedboat untuk sampai di pulau selanjutnya yaitu Pulau Putri. Ini merupakan salah satu pulau yang sudah lama jadi tempat destinasi para old money sedari dulu.

Sejak 1973 konon pulau ini sudah dijadikan sebagai tempat pelesir para orang-orang kaya di masa itu, kemudian di tahun 1992 barulah fasilitas-fasilitas penunjang wisata mulai dibangun dan disediakan. Perjalanan dari Pulau Macan ke Pulau Putri ini begitu singkat, tak sampai 20 menit.

Saat sampai di pulau ini pengunjung akan disambut dengan patung ikonik pulau tersebut, ya empat patung berbentuk putri duyung yang sedang memegang keong besar. Hal menarik yang bisa pengunjung rasakan di sini adalah tunnel sea world.

Terowongan bawah laut ini betul-betul terowongan yang berada di bawah laut bukan hanya sekadar nama saja. Pengunjung jadi bisa merasakan sekejap menjadi manusia bawah laut karena di terowongan ini pengunjung bisa melihat indahnya ekosistem laut dan tentu melihat ikan-ikan yang sedang berenang.

Di pulau ini fasilitasnya untuk penginapannya pun sudah memadai, terdapat kurang lebih 72 kamar tersedia untuk pengunjung. Jam makan siang pun tiba, kurang afdol rasanya jika sedang di laut tanpa menyantap olahan laut. Di sini pengunjung juga bisa memiliki ikan untuk disantap saat jam makan tiba.

3. Pulau Genteng Kecil

Setelah puas menikmati alam Pulau Putri dan santapan olahan laut, pun bergegas untuk melanjutkan perjalan ke pulau yang ketiga. Pulau Genteng Kecil atau dikenal juga dengan nama Pulau Oba karena terdapat resort bernama Oba.

Jaraknya masih berdekatan dengan Pulau Putri jadi hanya cukup ditempuh dengan 15 menit saja. Saat berada di pulau ini, rasa-rasanya pulau tersebut seakan milik sendiri. Walaupun tak terlalu luas dibanding Pulau Putri tapi kesan nyaman dan homey begitu melekat saat berada di pulau ini.

Terdapat dua resor lainnya di pulau ini, pulau yang begitu pas untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang tercinta. Party people pasti senang saat berada di pulau ini, rasanya ingin berlama-lama di Pulau Genteng Kecil karena serasa artis-artis Hollywood yang punya pulau pribadi.

Untuk aktivitas di Pulau Genteng kecil, pengunjung bisa menikmati keindahan laut dengan kayaking. Di pulau ini tersedia kurang lebih tujuh kayak yang bisa digunakan untuk menjelajahi laut, keistimewaan lainnya dari pulau ini adalah memiliki bibir pantai sendiri.

4. Pulau Gosong Sekati

Rasanya kurang jika menikmati keindahan gugusan pulau di Kepulauan Seribu ini hanya sehari tanpa sempat menikmati indahnya sunset dan tiduran dengan lantunan ombak. Akhirnya pun harus mengakhiri perjalanan ini dengan pulau terakhir yakni Pulau Gosong Sekati.

Di kawasan pulau ini terdapat spot foto yang instagramable, jembatan dermaga panjang yang mengarah ke laut ini jadi tempat yang pastinya cantik untuk diabadikan. Sayang kala berada di pulau ini matahari sedang menyengat-menyengatnya.

Fasilitas yang ditawarkan di pulau ini juga tak jauh berbeda dari pulau-pulau sebelumnya, sama-sama memberikan kesan yang mendalam. Aktivitas di laut juga bisa pengunjung nikmati di pulau ini seperti snorkling, selain itu di Pulau Gosong Sekati juga terdapat penangkaran hiu.

Jadi pengunjung yang datang ke sini akan disambut dengan penangkaran hiu-hiu kecil yang menggemaskan. Waktu perjalanan usai pun telah tiba, sekitar pukul 16.00 WIB dengan berat hati harus meninggalkan surga di pinggir Jakarta ini.

Dari Pulau Gosong Sekati waktu tempuh untuk kembali ke Dermaga 16 Pantai Marina Ancol adalah satu jam dan di tengah perjalanan pun hujan kembali turun. Pulau-pulau yang jelajahi di Kepulauan Seribu ini merupakan pulau resort yang dikhususkan untuk wisatawan, berbeda dengan pulau-pulau berpenghuni seperti Pulau Pramuka, Pulau Tidung, dan pulau lainnya.

Slogan Pemerintah DKI Jakarta 'Enjoy Jakarta' jadi terasa cukup saat berlibur di pulau-pulau Kepulauan Seribu ini. Tak perlu jauh-jauh harus ke luar pulau atau bahkan luar negeri, cukup dua jam perjalanan dari Jakarta, sudah bisa menikmati keindahan alam Jakarta dari sudut yang berbeda.



Liburan Seru, Menikmati Pesona Keindahan Pantai Pasir Perawan, Kepulauan Seribu

Liburan Seru, Menikmati Pesona Keindahan Pantai Pasir Perawan, Kepulauan Seribu


(fem/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat