kubetno1.net

Bos Rental Mobil Tewas Dikeroyok di Pati, Alarm Serius soal Keamanan

Amuk di Pati Renggut Nyawa Bos Rental Mobil (Naskah oleh Danu Damarjati, infografis oleh Fuad Hasim/)
Foto: Ilustrasi (Fuad Hasim/)

Pati -

Kasus tewasnya pemilik rental mobil di Pati merupakan alarm serius terkait keamanan. Menurut pakar pariwisata, kasus itu harus jadi perhatian pihak terkait.

Tewasnya pengusaha rental mobil akibat dihakimi massa di Pati sudah jadi perhatian nasional. Banyak yang menuding kasus tersebut terjadi akibat kurangnya keamanan dari penegak hukum setempat.

Pakar pariwisata Taufan Rahmadi berpendapat keamanan merupakan faktor penting untuk wisatawan, serta dalam dunia usaha sektor pariwisata, termasuk di dalamnya bisnis rental mobil.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Keamanan adalah faktor kunci dalam menarik wisatawan. Insiden kriminal seperti ini dapat menurunkan rasa aman wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang dapat berdampak negatif pada citra destinasi wisata. Wisatawan cenderung menghindari tempat yang dianggap tidak aman," kata Taufan kepada , Selasa (11/6/2024)

Taufan pun menekankan soal pengawasan yang lebih kuat, agar mencegah kasus seperti ini tidak terulang lagi di masa depan.

ADVERTISEMENT

"Kasus ini menunjukkan perlunya sistem pengawasan yang lebih ketat dalam penyewaan kendaraan. Penggunaan teknologi seperti GPS dan identifikasi digital dapat membantu melacak kendaraan dan mencegah tindak kejahatan," dia menambahkan.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan keamanan, Taufan meminta agar terjalin kolaborasi antara pihak pemerintah dan sektor swasta, sehingga ada SOP yang bisa diterapkan bila ada insiden serupa terjadi di masa depan.

"Untuk meningkatkan keamanan, diperlukan kolaborasi yang erat antara pemerintah lokal, kepolisian, dan pelaku usaha wisata. Program pelatihan keamanan dan protokol darurat harus diterapkan secara menyeluruh di sektor pariwisata," ujar dia.

Terakhir, diperlukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi kepada masyarakat agar kasus serupa tidak terulang lagi di esok hari.

"Penting untuk mengedukasi penyedia layanan rental mobil tentang pentingnya verifikasi penyewa dan tindakan pencegahan kejahatan. Kampanye kesadaran di kalangan pelaku pariwisata dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi risiko insiden serupa terjadi lagi," kata pria berkacamata ini.

"Dengan mengintegrasikan langkah-langkah ini, destinasi wisata dapat meningkatkan tingkat keamanan dan melindungi tidak hanya aset mereka, tetapi juga wisatawan yang menjadi kunci pertumbuhan industri pariwisata," ujar dia.



Simak Video "Viral Kades di Pati Marahi Sejumlah Pemuda di Depan Mayat Tergeletak"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat