kubetno1.net

Unik, Perayaan Idul Adha di Mesir Lebih Meriah daripada Idul Fitri

Muslim students enter a free meal distributing point in Al-Azhar mosque, the Sunni Muslim worlds premier Islamic institution, in Cairo, Egypt, Saturday, March 25, 2023. (AP Photo/Amr Nabil)
Ilustrasi momen Idul Adha di Mesir. Foto: AP/Amr Nabil

Daftar Isi
  • Meriahnya Hari Raya Idul Adha di Mesir
  • Libur Idul Adha 2024 dan Cuti Bersama di Indonesia
Jakarta -

Idul Fitri dan Idul Adha merupakan hari besar yang dirayakan umat muslim di seluruh dunia. Kalau di Indonesia, Idul Fitri begitu meriah dan selalu dinantikan setiap tahunnya. Namun, lain halnya dengan di Mesir.

Sebab, perayaan Idul Adha justru lebih meriah daripada di Idul Fitri. Maka dari itu, Idul Adha disebut juga Idul Kabir (hari raya besar) di Mesir.

Penasaran, kenapa Hari Raya Idul Adha lebih meriah ketimbang Idul Fitri bagi warga Mesir? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meriahnya Hari Raya Idul Adha di Mesir

Secara umum, Hari Raya Idul Adha diawali dengan sholat Id di masjid atau lapangan terbuka, baru setelah itu melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Selain itu, ada sejumlah tradisi yang dilakukan.

Dilansir situs Africa News, tradisi yang biasa dilakukan warga Mesir saat Idul Adha di antaranya ziarah kubur, mengunjungi rumah kerabat dan keluarga dekat, hingga memberikan uang serta balon kepada anak-anak. Tradisi tersebut sebenarnya juga dilakukan oleh warga Indonesia, hanya saja terjadi saat Idul Fitri.

ADVERTISEMENT

Ada alasan mengapa Idul Adha disebut sebagai Idul Kabir di Mesir. Soalnya, ketika Idul Adha seluruh umat muslim di Mesir dapat mencicipi nikmatnya daging hewan kurban, tanpa memandang status dan kemampuan seseorang.

Menariknya, pemerintah Mesir juga memberikan libur panjang kepada seluruh warga setiap momen Hari Raya Idul Adha. Mengutip laman presidency.eg, untuk tahun ini Mesir mengadakan libur bersama Idul Adha dari tanggal 16-19 Juni 2024.

Libur panjang tersebut banyak dimanfaatkan masyarakat Mesir untuk jalan-jalan. Maka tak heran, saat libur Idul Adha tempat-tempat seperti pantai, kebun binatang, museum, mal, hingga bioskop ramai dipadati pengunjung.

"Saya menghabiskan waktu liburan di pantai utara," kata Farah Shakib, seorang mahasiswa di salah satu kampus swasta, mengutip Arab News.

Namun, ada juga warga Mesir yang menghabiskan libur Idul Adha dengan bertemu keluarga atau sekadar bersantai di rumah.

"Pemerintah Mesir telah memberikan kami libur saat Idul Adha, itu cukup untuk mengunjungi kerabat dan menikmat festival bersama mereka," kata Mohammed Al-Arabi, seorang arsitek yang berdomisili di Kairo.

"Saya selalu memastikan untuk menghadiri sholat Idul Adha di Masjid Al-Azhar. Lalu, di hari pertama libur, anak cucu kami datang," ujar Jamila Fayek, seorang ibu rumah tangga.

"Saya merasa bahagia ketika melihat cucu-cucu saya bersenang-senang dan bermain di rumah kami," kata dia.

Libur Idul Adha 2024 dan Cuti Bersama di Indonesia

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui SKB 3 Menteri Nomor 236 Tahun 2024, Nomor 1 Tahun 2024, dan Nomor 2 Tahun 2024, pemerintah telah menetapkan 17 Juni 2024 sebagai hari libur nasional dalam rangka Idul Adha atau Lebaran haji.

Pemerintah juga menetapkan cuti bersama setelah libur nasional Idul Adha 2024 yang jatuh pada Selasa, 18 Juni 2024. Ada juga long weekend karena libur akhir pekan yang berdekatan libur nasional dan cuti bersama Idul Adha 2024.

Berikut jadwal lengkapnya:

  • Sabtu, 15 Juni 2024: Libur akhir pekan
  • Minggu, 16 Juni 2024: Libur akhir pekan
  • Senin, 17 Juni 2024: Lebaran Haji 2024
  • Selasa, 18 Juni 2024: Cuti bersama Lebaran Haji 2024

Kalau travelers, mau menghabiskan waktu libur Idul Adha ke mana nih?



Simak Video "Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1445 H Jatuh pada 17 Juni 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat