kubetno1.net

Jalan Terlebar di Dunia Ada di Argentina, Punya 16 Lajur, Nyebrangnya Lama

Jalan terbesar di dunia ada di Argentina, namanya Avenida 9 de Julio
Jalan terbesar di dunia ada di Argentina, namanya Avenida 9 de Julio. (Wikimedia Commons/Sking)

Jakarta -

Sebuah jalan di Argentina masuk daftar Guinness Record sebagai jalan terlebar di dunia. Lebarnya sekitar 140 meter dan untuk menyeberangi jalan itu cukup sulit.

Melansir Oddity Central, Selasa (11/6/2024), adalah Jalan Avenida 9 de Julio di Buenos Aires, Argentina yang total memiliki 16 lajur. Awal jalan itu terbentuk adalah saat ibu kota Argentina, Buenos Aires dijuluki sebagai Parisnya Amerika Selatan.

Karenanya, pemerintah setempat memutuskan membuat infrastruktur monumental yang terinspirasi oleh Champs Elysee di Paris.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tiruan sederhana tentunya tidak cukup untuk mengakomodir ambisi tersebut. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih besar dan mengesankan. Sehingga mereka membangun jalan raya perkotaan yang melewati pusat kota yang lebarnya dua kali lipat dari jalan Prancis tersebut.

Itu adalah proyek besar yang disebut memakan waktu hampir setengah abad. Hingga akhirnya pada tahun 1980, Avenida 9 de Julio akhirnya selesai dan memegang rekor sebagai jalan terluas di dunia hingga kini.

ADVERTISEMENT

Namun, membuat jalan yang lebih luas dari jalan manapun tentunya adalah tantangan yang luar biasa. Itu menyebabkan pembongkaran 60 ribu meter persegi real estat perkotaan dan pemindahan ribuan penduduk.

Saat ini, Aveninda 9 de Julio tetap mengesankan sebagaimana awal diresmikan. Namun, disebut lebih semrawut.

Memiliki total 16 lajur dari satu sisi ke sisi lainnya dan empat lajur tambahan untuk bus umum, area pejalan kaki, dan sekitar tujuh trotoar di antara lajur mobil, membuat menyeberangi jalan itu diperlukan waktu cukup lama.

Berapa lama menyeberanginya?

Seorang TikToker baru-baru ini pun merekam dirinya saat berjalan dari satu sisi Avenida 9 de Julio ke sisi lainnya. Ia membutuhkan waktu 4 menit 17 detik kendati ia mengaku berjalan lebih cepat dari biasanya. Waktu itu sudah termasuk waktu saat menunggu lampu lalu lintas.

Kendati demikian, Avenida 9 de Julio dinobatkan sebagai jalan terluas di dunia berkat bantuan dua jalan lainnya. Yakni Jalan Carlos Pellegrini di sisi timur dan Jalan Cerrito di sisi barat. Keduanya berfungsi sebagai jalan tambahan sehingga gabungan enam lajur membuatnya memiliki lebar 140 meter. Jika tidak, lebar jalan itu hanya 120 meter.



Demo di Argentina Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata-Water Canon

Demo di Argentina Ricuh, Polisi Tembakkan Gas Air Mata-Water Canon


(wkn/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat