kubetno1.net

Perbukitan Mirip Piramida di China Dianggap Bikinan Alien

Pegunungan di China yang menyerupai piramida Mesir
Pegunungan di China yang menyerupai piramida Mesir. (Twitter.com)

Jakarta -

China memiliki kawasan perbukitan yang disebut sebagai Piramida Anlong karena bentuknya mirip dengan piramida Mesir. Berbagai teori bermunculan, bahkan sampai ada yang menyebut bangunan itu bikinan alien.

Melansir Oddity Central, Kamis (6/6/2024),foto dan video Piramida Anlong mulai viral sejak sekitar 2018. Setelah itu, Anlong pun menjadi salah satu spot wisata populer. Sebagian besar traveler dunia penasaran dengan bukit piramida itu.

Selain bentuknya mirip piramida, formasi itu juga memiliki lapisan batu yang ditumpuk di atas satu sama lain dengan sangat rapi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berbagai spekulasi pun muncul. Bahkan, muncul berbagai teori konspirasi asal-usul bukit piramida itu.

Ada yang meyakini perbukitan itu buatan manusia. Ada pula yang percaya bahwa bukit itu hasil karya peradaban kuno ataupun alien.

ADVERTISEMENT

Tetapi, para ahli menentang konspirasi dan berusaha untuk meyakinkan publik bahwa bukit itu benar-benar alami.

Profesor di Guizhou Normal University, Zhou Qiuwen, menyebutkan bahwa piramida di Kabupaten Anlong adalah contoh khas dari daerah karst (kawasan batuan gamping).

Selain itu, sejarah sekitar 200 juta tahun lalu yang mana daerah itu merupakan laut dangkal membuat mineral mulai larut di dalam air dan mengkristal kembali sebagai dolomit, yakni komponen utama dari piramida.

Karena perubahan iklim, struktur geologi, dan faktor lainnya secara berkala, lapisan-lapisan batuan yang bertumpuk mulai terlihat jelas.

Lebih lanjut, Zhou menjelaskan bahwa struktur bebatuan yang menyerupai balok dan sering dikaitkan dengan campur tangan manusia atau alien adalah hasil dari proses geologi. Retakan kecil di dalam bebatuan memungkinkan air mengikisnya secara perlahan dan menciptakan formasi seperti balok yang tersegmentasi.

Untuk formasi yang membentuk mirip piramida, Zhou menjelaskan bahwa topografi karst di wilayah itu mengalami erosi vertikal oleh air, dengan lapisan atas terkikis lebih cepat dan lapisan bawah terkikis lebih lambat. Hal itulah yang menghasilkan perbukitan dengan bentuk seperti piramida dengan puncak yang runcing dan dasar yang lapang.

Kendati telah ada penjelasan ilmiah, tidak menyurutkan spekulasi asal-usul Piramida Anlong. Beberapa orang bahkan mengeklaim bahwa itu adalah makam kuno yang dibangun oleh peradaban kuno dan konspirasi lainnya.

Struktur alam yang menyerupai piramida telah lama membuat manusia terpesona, dan memicu berbagai macam teori konspirasi. Tak hanya di China, di Indonesia pun terdapat gunung yang disebut-sebut sebagai piramida tertua oleh sejumlah peneliti, yakni Gunung Padang yang terletak di Cianjur. Namun, hingga kini perdebatan terkait hal itu masih berlangsung.



Korban Tewas Akibat Kebakaran Mal di China Jadi 16 Orang

Korban Tewas Akibat Kebakaran Mal di China Jadi 16 Orang


(wkn/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat