kubetno1.net

5 Daya Tarik Utama Indonesia yang Memikat Mata Dunia

Pemandangan tiga pulau berbeda yang dilihat dari puncak Pulau Padar.
Labuan Bajo, salah satu destinasi wisata di Indonesia yang menjadi daya tarik. ()

Daftar Isi
  • Daya Tarik Utama Indonesia
  • 1. Memiliki Banyak Objek Wisata 2. Beragam Kuliner Lezat dan Menggugah Selera 3. Terdiri dari Berbagai Suku dan Budaya 4. Punya Potensi Sumber Daya Alam 5. Memiliki Keberagaman Agama
Jakarta -

Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam ciri khas dan keistimewaan. Berikut lima daya tarik utama Indonesia yang memikat dunia.

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, ada beragam kuliner lezat dari berbagai daerah yang wajib dicicipi. Indonesia juga memiliki sejumlah daya tarik utama lainnya.

Keunikan itu menjadi daya tarik yang berhasil menggaet wisatawan maupun investor mancanegara untuk datang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa saja daya tarik utama Indonesia yang memikat mata dunia? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Daya Tarik Utama Indonesia

Indonesia memiliki sejumlah daya tarik yang mampu memikat mata dunia. Berikut sejumlah daya tariknya:

ADVERTISEMENT

1. Memiliki Banyak Objek Wisata

Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan keindahan wisata, baik wisata alam, budaya, hingga religi. Hal ini yang menjadi daya tarik utama Indonesia dalam menarik wisatawan luar negeri.

Beberapa objek wisata alam di Indonesia yang terkenal seperti Raja Ampat, Labuan Bajo, Danau Toba, Pulau Komodo, hingga Gunung Bromo. Sedangkan untuk wisata budaya yang terkenal ada Tana Toraja, Candi Borobudur, sampai Garuda Wisnu Kencana.

Selain itu, ada beberapa daerah yang menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara, seperti Bali, Lombok, dan Yogyakarta. Soalnya, ada banyak destinasi wisata seru yang bisa dikunjungi, seperti Pantai Kuta (Bali), Candi Prambanan (Yogyakarta), dan Gili Trawangan (Lombok).

2. Beragam Kuliner Lezat dan Menggugah Selera

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Hal ini yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk datang langsung ke Tanah Air demi mencicipi kelezatannya.

Mengutip CNN Travel, William Wongo selaku pakar kuliner Indonesia mengatakan, budaya makanan Indonesia sangat beragam. "Didasarkan pada masakan daerah di antara 17.500 pulau, 38 provinsi, dan 700 dialek," katanya.

Berbagai kuliner lezat yang berhasil memikat dunia karena kelezatannya ada rendang daging, sate, nasi goreng, hingga soto ayam.

3. Terdiri dari Berbagai Suku dan Budaya

Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya yang beraneka ragam. Keanekaragaman tersebut disadari sebagai modal nasionalisme yang diungkapkan lewat motto 'Bhinneka Tunggal Ika', yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Dilansir laman Badan Pusat Statistik (BPS), ada sekitar 1.350 suku bangsa yang tersebar di seluruh Tanah Air. Jumlah tersebut merupakan hasil turunan dan silsilah dari 300 etnik di Indonesia.

Data tersebut menggunakan 1.331 kategori suku. Kategori itu meliputi suku, sub suku, dan seluruh turunannya.

Adapun delapan suku yang paling populer di Indonesia, yaitu:

  • Suku Jawa
  • Suku Sunda
  • Suku Batak
  • Suku Bugis
  • Suku Dayak
  • Suku Betawi
  • Suku Bali
  • Suku Asmat.

4. Punya Potensi Sumber Daya Alam

Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang begitu besar. Hal ini berkat letak geografis dan astronomis Indonesia yang strategis.

Nah, potensi sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Potensi sumber daya alam tersebut meliputi hutan, laut, tambang, hingga tanah.

Dari sektor hutan, Indonesia memiliki sumber daya hutan mencapai 99,6 hektar atau sekitar 52,23% dari seluruh wilayah Indonesia. Luas hutan tersebut bisa dijumpai di Kalimantan, Papua, Sulawesi, dan Sumatera.

Sedangkan dari sektor laut, menurut FAO (Food and Agricultural Organization), potensi sumber daya laut berupa perikanan tangkap di Indonesia mencapai sekitar 6,5 juta ton/tahun dengan tingkat pemanfaatan sekitar 5,71 ton/tahun.

Indonesia juga kaya akan sumber daya tambang, baik di laut maupun di darat. Salah satu contoh potensi sumber daya tambang adalah minyak bumi, gas alam, batu bara, timah, hingga tembaga.

Tanah juga menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi sumber daya alam terbesar. Sebab, tanah di Indonesia pada umumnya cocok untuk ditanami tumbuhan seperti padi, jagung, kelapa sawit, kakao, hingga rempah-rempah.

5. Memiliki Keberagaman Agama

Indonesia juga terdiri dari keberagaman agama dalam kehidupan bermasyarakat. Macam-macam agama di Indonesia terdiri dari Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Mengutip buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan oleh Asep Sutisna Putra, dkk, ada sejumlah pengaruh dari keberagaman agama di Indonesia, mulai dari:

  • Terciptanya integritas nasional
  • Menjadi sarana untuk memajukan pergaulan antar suku, agama, budaya, dan golongan
  • Memperkaya khazanah budaya bangsa.

Meski terdiri dari berbagai agama, masyarakat Indonesia memegang teguh toleransi dan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika. Hal tersebut yang membuat masyarakat dapat hidup dengan damai dan saling menghormati.

Itu dia lima daya tarik utama Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan detikers.



Simak Video "Pesona Peninsula Island di Nusa Dua Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat