kubetno1.net

Maldives yang Tolak Israel Itu, Penduduknya 100 % Beragama Islam

Maldives menjadi negara tujuan presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa melarikan diri. Ia pergi ke Maldives bersama istri dan seorang pengawalnya.
Foto: (dok.Raffles Madives Meradhoo Resort)

Jakarta -

Maldives sedang jadi sorotan karena dengan tegas menolak kedatangan pemegang paspor Israel ke negaranya. Tahukah kamu, negara yang punya wisata maritim yang cantik itu, warganya 100% memeluk Islam.

Menurut catatan sejarahnya, Islam telah masuk ke Maldives sebelum abad ke-12. Meskipun telah dihuni masyarakat, Maldives dahulu merupakan daerah terpencil yang jarang dikunjungi.

Sejak ribuan tahun lalu, kawasan sekitar Maldives telah dilintasi jalur pelayaran laut kuno. Jalur perdagangan antara Arab dan Tenggara Asia, hal inilah yang menjadi asal usul Islam masuk ke Maldives.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para pemimpin dan penduduk Maldives selalu bangga menyebut negaranya sebagai negara 100 persen muslim. Kebebasan beragama sangat dibatasi di Maldives.

Tidak ada agama lain selain Islam yang dipeluk penduduk di Maldives. Hukum Islam atau syariah menjadi landasan hukum di negara ini.

ADVERTISEMENT

Akuratkah data 100% penduduk Maldives beragama Islam?

Menurut The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), Maldives memiliki populasi muslim di angka 99,41 persen.

RISSC adalah lembaga penelitian independen yang berafiliasi dengan Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought, sebuah lembaga swadaya masyarakat Islam internasional yang berkantor pusat di ibu kota Kerajaan Hashemite, Yordania.

Angka 99,41 persen masyarakat muslim Maldives merupakan gabungan penelitian yang dilakukan oleh Dr Houssain Kettani dan Pew Research Center.

Dr Houssain Kettani tengah menyusun sebuah riset yang mengidentifikasi Maldives sebagai negara yang 100 persen muslim. Sementara Pew Research Center merupakan sebuah badan penelitian yang berbasis di Washington yang mengklaim 'mempromosikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai isu-isu yang bersinggungan dengan agama dan urusan publik'.

Pew Research Center memperkirakan dari 395.921 penduduk Maldives, 389.586 jiwa adalah muslim, setara dengan 98,4 persen. Dengan demikian, populasi non-muslim di Maldives sejumlah 6.335 jiwa. Laporan RISSC menghitung rata-rata kedua angka tersebut dan menghasilkan 99,41 persen.

Menanggapi hasil riset ini, Menteri Negara Islam Mohamed Shaheem Ali Saeed, mengatakan menurut konstitusi Maldives, negara tersebut adalah negara yang 100 persen Muslim.

"Dunia harus mengetahui informasi yang tepat tentang Maldives sebelum mempublikasikan dokumen tentang Maldives. Segala sesuatu di Maldives dilakukan sesuai dengan konstitusi," kata Shaheem yang juga merupakan salah satu dari 500 muslim paling berpengaruh di dunia dalam kategori administratif.



BPOM Sebut Obat Sirop Terkontaminasi EG-DEG di Maldives Tak Ada di RI

BPOM Sebut Obat Sirop Terkontaminasi EG-DEG di Maldives Tak Ada di RI


(sym/sym)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat