kubetno1.net

Bukan Indonesia, Turis China Jatuh Cinta kepada...

Turis China disambut di Thailand
Turis China di Thailand (Sakchai Lalit/AP)

Jakarta -

Perebutan pasar turis China terasa sangat ketat di Asia Tenggara. Sayangnya, destinasi favorit wisatawan asal China bukan Indonesia.

Dilansir dari VN Express pada Selasa (28/5/2024), jumlah wisatawan China terbanyak pada kuartal pertama tahun ini menuju ke Thailand.

Salah satu kunci Thailand dalam menggaet turis China adalah dengan menerapkan kebijakan visa dan kampanye promosi wisata. Sepanjang semester pertama 2024, turis China ke Thailand mencapai 1,75 juta kedatangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ya, Thailand mengambil langkah khusus dengan secara permanen memberikan bebas visa bagi turis China mulai 1 Maret. Cara itu meredam ketakutan turis China yang sempat kompak untuk tidak pelesiran ke Thailand setelah penyerangan di pusat perbelanjaan Siam Paragon dan desas-desus penculikan turis sebagai tenaga kerja ilegal.

Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan solusi pemasaran Dragon Trail Research untuk Musim Semi 2024 mengungkapkan adanya perubahan persepsi keselamatan mengenai Thailand di kalangan wisatawan China. Tahun ini, sebanyak 24% dari responden berpendapat bahwa Negeri Gajah Putih jauh lebih aman dibandingkan tahun lalu.

ADVERTISEMENT

Setelah Thailand, peringkat kedua disabet oleh Vietnam dengan 889.000 kunjungan, diikuti oleh Singapura dengan 786.000 kunjungan dan Malaysia dengan total 758.772 kunjungan. Data itu diambil dari kementerian masing-masing negara.

Laos duduk di peringkat kelima dengan 242.404 kedatangan, sedangkan Kamboja di peringkat ke enam dengan jumlah 190.000 turis. Indonesia harus puas berada di urutan ketujuh dengan total 113.000 turis China, diikuti oleh Filipina sebanyak 109.568 turis China.

Malaysia mengikuti jejak Thailand dengan memberikan visa selama 30 hari kepada wisatawan China pada bulan Desember tahun lalu, sedangkan Singapura memulainya pada bulan Februari lalu.

Indonesia baru mempertimbangkan kebijakan bebas visa bagi 20 negara, termasuk China.



Simak Video "Tips Mengetahui Pemandu Wisata yang Resmi"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat