kubetno1.net

Mengintip Apa Saja yang Dilakukan Kru Super Air Jet Sebelum Terbang

Mengintip persiapan awak kabin Super Air Jet.
Mengintip persiapan awak kabin Super Air Jet. (Super Air Jet)

Jakarta -

Tak semua pelancong mengetahui proses di balik layar dalam dunia penerbangan. Karenanya, yuk intip apa saja yang dilakukan kru Super Air Jet sebelum terbang?

Menjelang setiap penerbangan, kru Super Air Jet menjalankan serangkaian prosedur ketat yang memenuhi standar operasional yang tinggi. Kegiatan pra-penerbangan itu dirancang untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dari para penumpang.

Sebelum terbang, para awak kabin akan mendatangi bagian "Flight Operations" atau disingkat "FLOPS". Tempat itu adalah pusat di mana berbagai aktivitas terkait persiapan dan pengaturan penerbangan dilaksanakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tempat itu sangat penting karena menjadi sentral koordinasi dan manajemen semua aspek operasional penerbangan. FLOPS memastikan bahwa setiap aspek penerbangan mulai dari pra-penerbangan hingga pendaratan diatur dengan cermat, teliti, dan memerhatikan keselamatan dan kenyamanan.

Dalam keterangan resmi Super Air Jet kepada , Rabu (15/5/2024), ada tujuh langkah yang dilakukan awak kabin sebelum terbang.

ADVERTISEMENT
Mengintip persiapan awak kabin Super Air Jet.Mengintip persiapan awak kabin Super Air Jet. (Super Air Jet)

Pertama, awak kabin harus melakukan registrasi kehadiran dengan sistem komputer di FLOPS untuk memverifikasi kedatangan dan ketepatan waktu. Itu disebut untuk mengatur keberangkatan agar tepat waktu.

Mengintip persiapan awak kabin Super Air Jet.Pemeriksaan kesehatan awak kabin Super Air Jet. (Super Air Jet)

Kedua, awak kabin harus melakukan pengecekan kesehatan sebelum memulai tugas. Hal tersebut untuk memastikan semua kru dalam kondisi prima untuk terbang. Lanjutnya, Super Crew (sapaan kru Super Air Jet) berkumpul di FLOPS untuk mendapatkan informasi terkait cuaca, jumlah penumpang, dan jumlah kargo. Hal itu penting untuk penyesuaian operasional yang mungkin diperlukan.

Keempat, dilakukan pemeriksaan dokumen yang berkaitan dengan penerbangan, termasuk lisensi dan sertifikat. Langkah itu untuk memastikan semua kru memenuhi standar regulasi.

Mengintip persiapan awak kabin Super Air Jet.Mengintip persiapan awak kabin Super Air Jet. Foto: Super Air Jet

Kemudian, kru menjalankan briefing agar memastikan setiap anggota memahami tugasnya dan siap bekerja dalam tim. Hingga langkah terakhir, setiap kru merapikan penampilan dengan standar yang telah ditetapkan. Aspek ini juga disebut tak kalah penting karena penampilan diyakini sebagai cerminan dari profesionalitas.

"Setiap kru memastikan penampilannya rapi dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Super Air Jet. Kesan pertama sangat penting, bahwa penampilan profesional mencerminkan komitmen terhadap kualitas dan keamanan," jelas Direktur Utama Super Air Jet, Air Azhari.

Selanjutnya, sebelum penumpang memasuki pesawat, para kru melakukan koordinasi akhir dengan teknisi dan ground staff. Langkah itu agar memastikan pesawat dalam kondisi sempurna dan aman untuk dioperasikan.



Simak Video "Mengintip Persiapan Kru Pesawat Sebelum Terbang"
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/wkn)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat